close× Telp +62 761 45505
close×

Bimtek SAKIP Diharapkan Tingkatkan Pemahaman OPD Terkait Reformasi Birokrasi

Rabu, 15 Sep 2021 | 33 kali dilihat

PEKANBARU - Kepala Biro (Karo) Organisasi Tata Laksana (Ortal) Setda Riau Kemal mengharapkan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dapat meningkatkan pemahaman Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait SAKIP itu sendiri sebagai upaya reformasi birokrasi di Provinsi Riau.

Hal ini disampaikan Karo Ortal dalam kata sambutannya pada acara Bimtek SAKIP Provinsi Riau yang dihadiri oleh Kepala Bagian Perencanaan masing-masing OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau yang dihelat di Grand Jatra Hotel Pekanbaru, Rabu (15/9/2021).

"Harapan kita melalui pelaksanaan Bimtek ini kita memiliki suatu kesepahaman pandangan terhadap SAKIP," katanya.

Kemal menyebutkan, beberapa waktu lalu sudah dilaksanakan evaluasi terhadap SAKIP untuk tahun 2021 ini, nanti hasilnya akan disampaikan pada tahun 2022 mendatang.

Untuk itu Karo Ortal Setda Riau berharap, setelah Bimtek ini dimana kelemahan Pemprov Riau nantinya dapat diperbaiki di masa mendatang sehingga sistem pemerintahan Provinsi Riau menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Ia mengungkapkan, walaupun SAKIP tidak ada tertulis dalam porsi pada masing-masing pekerjaan di OPD, namun SAKIP sudah melekat dalam tugas perencanaan yang ada pada masing-masing OPD.

"Mudahan walaupun kita secara zoom melaksanakannya dan pemateri secara online, tetapi kalau ada permasalahan yang masih kita ragukan silahkan bertanya secara langsung nanti pada kesempatan ini," sebutnya.

Diakhir kata sambutannya, Karo Ortal Riau ini meminta kepada peserta Bimtek agar menyampaikan hasil kegiatan tersebut kepada pimpinan masing-masing OPD,  sehingga Pemprov Riau bisa melaksanakan program untuk meningkatkan nilai SAKIP.

"Harapan kita kedepannya nilai SAKIP kita lebih baik dan ini merupakan acara penting," ucapnya.



(Mediacenter Riau/ip)