close× Telp +62 761 45505
close×

Siapkan SDM Unggul di Riau, Gubri Resmikan Program Suluh Riau

Kamis, 02 Des 2021 | 88 kali dilihat

PEKANBARU - Dalam rangka untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) Riau yang unggul dan berdaya saing, Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar, resmikan program sinergi dalam upaya melanjutkan harapan masyarakat Riau (Program Suluh Riau), di Auditorium Politeknik Chevron Riau (PCR), Kamis (2/12/21).

Program Suluh Riau ini sendiri merupakan sebuah program sertifikasi dan pelatihan yang diselenggarakan oleh PT Pertamina Hulu Rokan (PT PHR) dan PCR dengan dukungan dari pemerintah daerah untuk meningkatkan kompetensi masyarakat Riau. 

Untuk saat ini, ada dua program pelatihan yang diselenggarakan dalam Program Suluh Riau, yaitu Operator Keselamatan dan Kesehatan Kerja (AK3) Umum dan pipa welder atau juru las pipa.

Gubri menyampaikan, atas nama Pemprov Riau mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) yang telah berinisiatif menyelenggarakan kegiatan ini bekerja sama dengan PCR.

"Kami menyambut baik Program Suluh Riau ini, terutama dalam rangka mempersiapkan SDM kita yang memiliki kompetensi sesuai dengan apa yang diharapkan dunia kerja pada saat ini," ucapnya.

Syamsuar mengungkapkan, Program Suluh Riau ini sejalan dengan program Pemprov Riau untuk meningkatkan SDM yang ada di Riau.

"Karena itu sekali lagi kami mengucapkan terima kasih kepada PHR yang selalu komitmen mengadakan pelatihan ini," sebutnya.

Orang nomor satu di Riau ini menjelaskan, tentunya Pemprov Riau akan terus berupaya mensupport dan memberikan apresiasi atas terealisasinya Program Suluh Riau tersebut.

Ia berharap, ini bukan hanya nanti dilaksanakan untuk dua kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dan Bengkalis, akan tetapi juga dikembangkan untuk kabupaten/kota lainnya di Provinsi Riau.

Karena bagaimanapun menurutnya, ini menjadi satu diantara langkah mempersiapkan anak-anak Riau yang siap pakai. Sebab, sekarang dalam dunia kerja yang penting adalah kompetensi.

"Jadi (Program Suluh Riau) salah satu upaya untuk menghindari pengangguran," terangnya.

Gubri menambahkan, tahun lalu Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Provinsi Riau sebesar 6% lebih. Namun karena banyaknya dunia industri yang butuh tenaga kerja di Riau, termasuk adanya investasi yang cukup besar di Riau, ini juga mengurangi pengangguran di Riau.

"Jadi sekarang pengangguran terbukanya hanya 4% lebih (turun dari tahun lalu), jadi ini semua tentunya sekaligus mempersiapkan SDM yang berdaya saing sekaligus juga untuk mengurangi pengangguran," tutupnya. 



(Mediacenter Riau/ip)