close× Telp +62 761 45505
close×

Program Suluh Riau Diharapkan Tekan Angka Pengangguran di Provinsi Riau

Kamis, 02 Des 2021 | 37 kali dilihat

PEKANBARU - Corporate Affair PT Pertamina Hulu Rokan (PHR), Sukamto Thamrin menyampaikan bahwa program sinergi dalam upaya melanjutkan harapan masyarakat Riau (Program Suluh Riau) diharapkan dapat menekan angka pengangguran di Provinsi Riau, khususnya di wilayah kerja PT PHR.

Sukamto Thamrin menerangkan, Program Suluh Riau ini merupakan program pengembangan keterampilan yang ditujukan untuk mendukung program pemerintah untuk meningkatkan kompetensi keterampilan di wilayah operasi PT PHR.

"Melalui pelatihan ini, tujuannya para peserta memiliki keterampilan yang lebih baik sehingga berdaya saing tinggi di dunia kerja maupun dunia usaha," ucapnya saat menghadiri peluncuran Program Suluh Riau secara virtual, Kamis (2/12/21).

Ia menerangkan, Program Suluh Riau ini sejalan dengan program pemerintah Provinsi Riau dalam gerakan pendidikan vokasi dengan dunia usaha di Provinsi Riau. Pelatihan dan sertifikasi yang akan dilaksanakan melalui Program Suluh Riau ini ada dua, yaitu program operator keselamatan dan kesehatan kerja umum, dan keahlian las pipa. 

"Dalam program ini kami bekerja sama dengan Politeknik Chevron Riau yang berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk memberikan pelatihan," ungkapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pelatihan ini diikuti oleh 50 orang peserta dari Kabupaten Rokan Hilir dan Kabupaten Bengkalis. Namun ia mengharapkan, ke depannya program ini dikembangkan di kabupaten/kota lainnya.

"Semoga program ini bisa menekan angka pengangguran di Riau, khususnya di wilayah operasi PT PHR," sebutnya.

Sukamto Thamrin mengharapkan program ini memberikan manfaat optimal bagi peserta dan masyarakat Riau. Terutama bagi para peserta, ia mengharapkan peserta Program Suluh Riau dapat memanfaatkan ilmunya dan mampu bersaing didunia kerja.

"Tentu kegiatan ini menjaga prokes. Kami harapkan program ini dapat bermanfaat bagi peserta dan masyarakat Riau," tutupnya.



(Mediacenter Riau/ip)