close× Telp +62 761 45505
close×

Gubri: Duta Pancasila Jadi Pendekatan Kekinian Membumikan Pancasila Pada Generasi Muda

Jum'at, 03 Des 2021 | 412 kali dilihat

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyampaikan bahwa pembinaan ideologi Pancasila yang dilakukan kepada Purna Paskribraka sangat strategis untuk mewujudkan pemimpin bangsa yang berjati diri Pancasila.

"Untuk itulah saya atas nama Pemerintah Provinsi Riau sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan ini," kata Syamsuar dalam arahannya pada kegiatan penetapan Purnapaskibraka Duta Pancasila se-Provinsi Riau di Gedung Daerah Balai Serindit, Kamis (2/12/2021).

Gubri juga menjelaskan, penetapan Purnapaskibraka Duta Pancasila ini merupakan tindaklanjut dari pelaksanaan Oeraturan Presiden (Perpres) nomor 13 tahun 2021 tentang pembinaan ideologi pancasila kepada generasi muda melalui program pasukan pengibar bendera pusaka.

"Melalui Purnapaskibraka Duta Pancasila diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai pancasila ke generasi muda agar menjaga pancasila tetap kokoh sebagai pemersatu bangsa," harapnya.

Purna Paskibraka Duta Pancasila di dasari pentingnya membumikan pancasila dengan cara-cara baru dan pendekatan yang lebih kekinian sehingga nilai-nilai pancasila bisa tertanam pada generasi muda penerus bangsa.

"Tugas adik-adik semua bukan merupakan tugas yang ringan, mereka di harapkan dapat memperkuat nilai pancasila dikalangan anak-anak muda," tuturnya.

Ia menegaskan bahwa yang paling penting dengan penetapan Purnapaskibraka Duta Pancasila dapat menjaga agar pancasila dapat tetap kokoh sebagai perekat pemersatu bangsa, karena nilai luhur yang terkandung dalam pancasila harus menjadi panduan serta inspirasi bagi seluruh anak bangsa untuk bekarya.

"Semoga jadi motivator untuk anak muda lainnya, berbagi pengalaman kepada orang sekitar kita untuk mendorong prestasi, membentuk nilai-nilai akan persatuan, menjadi pelopor, memberi sumbangsih bagi kemajuan nusa bangsa dan negara kesatuan republik Indonesia di Provinsi Riau yang kita cintai ini,"tutupnya. (MC)