close× Telp +62 761 45505
close×

PLTGU Riau Diharapkan Mampu Meningkatkan Sektor Parekraf

Kamis, 12 Mei 2022 | 419 kali dilihat

PEKANBARU - Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) di Riau berkapasitas 275 megawatt (MW) diharapkan mampu meningkatkan pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf) di daerah yang dijuluki "Bumi Lancang Kuning" itu. 

Hal tersebut dikatakan, Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif saat meresmikan PLTGU Riau yang berlokasi di Kawasan Industri Tenayan, Pekanbaru, pada Kamis (12/5).

Pengoperasian pembangkit ini bakal memperkuat keandalan pasokan listrik di sistem Sumatera, khususnya sub-sistem Riau.

Dengan beroperasinya PLTGU Riau, daya mampu sistem kelistrikan Sumatera bakal meningkat menjadi 7.266 MW. 

Beban puncak PLTGU ini mencapai 6.823 MW. Sehingga cadangan sistem kelistrikan Sumatera menjadi 443 MW. 

Arifin Tasrif menilai PLN telah menunjukkan kesiapannya dalam melayani kawasan-kawasan industri yang membutuhkan daya listrik besar sesuai lokasi yang ditetapkan oleh pemerintah daerah.

"Selain itu, dengan pasokan listrik yang cukup dan merata di Provinsi Riau, kami harapkan dapat meningkatkan pariwisata dan ekonomi kreatif di Provinsi ini," ucapnya.

PLTGU Riau sendiri dikembangkan oleh PT Medco Ratch Power Riau, anak usaha patungan antara PT Medco Power Indonesia bersama RATCH Group Public Company Limited.

"Dengan listrik yang andal diharapkan dapat menarik investor sehingga bisa mendorong tumbuhnya industri menengah dan besar di Pulau Sumatera," ungkap Arifin.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyatakan kesiapan PLN untuk berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Riau untuk mendukung kemajuan daerah. 

"Baik itu pembangunan kawasan ekonomi baru, industri baru, atau juga kawasan industri khusus yang ada dalam perencanaan Provinsi Riau," kata Darmawan.

Wakil Gubernur Riau H. Edi Natar Nasution menyambut baik pengoperasian PLTGU Riau. Peresmian pembangkit ini bisa meningkatkan keandalan pasokan listrik sehingga dapat mendongkrak rasio desa berlistrik dan rasio elektrifikasi Provinsi Riau.

"Pengoperasian PLTGU Riau ini dapat menjadi momen strategis bagi kita semua untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Pemprov Riau memastikan akan terus mendukung upaya peningkatan infrastruktur kelistrikan agar listrik tidak hanya mengaliri desa-desa, namun juga terhadap dusun-dusun yang nantinya menjadi prioritas pembangunan jaringan listrik. 

"Kami memang memiliki target setiap tahunnya untuk membangun infrastruktur kelistrikan agar dapat menerangi seluruh desa di Riau. Tingginya animo masyarakat desa terhadap Program Riau Terang 2022 untuk menerangi desa-desa telah menjadi komitmen yang kuat bagi kita semua," tandasnya.



(Mediacenter Riau/asn)