close× Telp +62 761 45505
close×

BSSN Lakukan Penilaian Tingkat Kematangan Keamanan Siber dan Sandi di Diskominfotik Provinsi Riau

Rabu, 05 Okt 2022 | 118 kali dilihat

PEKANBARU- Dalam rangka kegiatan Penilaian Tingkat Kematangan Kemanan Siber dan Sandi pada Pemrintah daerah. Badan Siber Dan Sandi Negara (BSSN)  melakukan kunjungan sekaligus penilaian ke Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Riau yang membidangi Persandian.

Ketua  Tim Validasi Tingkat Kematangan Keamanan Siber  dan Sandi Direktorat Keamanan Siber dan Sandi  Pemerintah Daerah, Nurchairani mengatakan bahwa BSSN melakukan penilaian terhadap 3 (tiga) buah Intrumen, yaitu Indeks Keamanan Informasi (KAMI), Cyber Security Maturity dan Evaluasi Pelaksanaan Persandian untuk pemerintah daerah khususnya Pmerintah Provinsi Riau.

Penilaian Indeks Keamanan Informasi atau disingkat menjadi Indeks KAMI merupakan aplikasi yang digunakan sebagai alat bantu untuk melakukan asesmen dan evaluasi tingkat kesiapan (Kelengkapan dan Kematangan) penerapan keamanan informasi berdasarkan kriteria SNI ISO/IEC 27001.

"Indeks KAMI ini meliputi beberapa area penilaian yaitu tata kelola keamanan informasi, pengelolaan risiko keamanan informasi, kerangka kerja keamanan informasi, pengelolaan aset informasi, teknologi dan keamanan informasi. Hasil dari penilaian indeks KAMI tahun 2022 ini berada pada tingkat kematangan Tingkat II- Penerapan Kerangka Kerja Dasar,”ujarnya.

Selanjutnya, untuk Kegiatan Cyber Security Maturity atau CSM merupakan intrumen yang dikembangkan oleh BSSN untuk menilai tingkat kematangan keamanan siber bagi organisasi, menidentifikasi GAP antara kondisi pengelolaan kemanan siber saat ini dengan kondisi ideal, dimanan output berupa nilai maturitas keamanan siber organisasi beserta laporan yang memuat penjelasannya.

“Untuk area penilaian meliputi aspek Tata Kelola, Indentifikasi, Proteksi, Deteksi dan Respon. Untuk pemerintah Provinsi Riau dalam hal ini Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Riau mendapatkan nilai Maturitas sebesar 3,09, yang berada pada Level Kematangan Tingkat 3,”Jelasnya.

Sedangkan Evaluasi Pelaksanaan Persandian untuk pengamanan Informasi di pemerintah daerah melakukan penilaian pada area Profile Penyelengaraan Urusan Persandian, Kebijakan Pengamanan Informasi, Pengelolaan Sumber Daya Keamanan Informasi, Pengamanan Sistem Elektronik dan Informasi Non Elektronik, Layanan Keamanan Informasi dan Pola hubungan Komunikasi Sandi.

"Untuk kegiatan ini sendiri Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Riau mendapatkan Nilai 85,165, dengan Status tingkat kepatuhan BAIK"terangnya.

Dalam kunjungan dan penilaian tersebut BSSN dihadiri oleh ketua tim penialaian Nurchaerani dengan anggota, Mochamad Jazuly, Ikrima Galuh Nasucha dan Mas Merdekadyarta, yang disambut langsung Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik provinsi Riau Erisman Yahya, Kepala Bidang Persandian , Candra Lisano Saputra, Kepala Bidang Aplikasi Informatika, Muhammad Arifin, serta Kepala Bidang Infrastruktur TIK, Hasmuri Hasan.