close× Telp +62 761 45505
close×

Riau Resmi Ditunjuk Tuan Rumah Kejurnas PPLP Dayung dan Sepakbola

Jum'at, 07 Okt 2022 | 108 kali dilihat

PEKANBARU - Provinsi Riau akhirnya secara resmi ditetapkan sebagai tuan rumah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP) dayung dan sepakbola. Penunjukan sebagai tuan rumah ini tertuang dalam surat yang dilayangkan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI kepada Gubernur Riau, Selasa (4/10/2022) lalu. 

Dalam surat nomor BO.02/10.4.1/D-III.4/X/2022 yang ditandatangan Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Dr R Isnanta MPd,  disebutkan bahwa, berdasarkan hasil Rapat Koordinasi Kegiatan Pusat dan Daerah tahun 2022 pada 8-10 September 2022 di Balikpapan dan dilanjutkan pada acara Penyusunan RKA-K/L Dekonsentrasi Kemenpora tahun 2023 pada 29 September hingga 1 Oktober 2022 di Grand Sahid Jaya Hotel Jakarta, telah diputuskan Riau sebagai tuan rumah penyelenggara Kejurnas antar-PPLP/D dan SKO  cabang olahraga dayung dan sepakbola 2023.

"Sehubungan dengan hal tersebut maka kami mohon kiranya berkenan Bapak Gubernur untuk membantu dan memfasilitasi baik tempat, acara, sumber-sumber daya, dan pembiayaan kejurnas tersebut di atas melalui dana pendampingan APBD agar kegiatan dapat berjalan lancar dan sukses," demikian pernyataan resmi dari Kemenpora RI. 

Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadispora) Riau H Boby Rachmat SSTP MSi. "Ya, sebenarnya waktu pertemuan di Sahid Jaya Hotel Jakarta beberapa hari lalu sudah disampaikan secara lisan Riau tuan rumah Kejurnas PPLP Dayung dan Sepakbola. Tapi, surat resmi baru kami terima," ujar Boby Rachmat.

Untuk itu, Dispora Riau akan melakukan persiapan dengan baik dan akan  berkoordinasi dengan pengurus besar (PB) maupun pengprov masing-masing cabang olahraga dayung dan sepakbola. "Ini jadi kesempatan baik kita. Rencananya Kejurnas PPLP/D Dayung akan dilaksanakan di Kuantan Singingi. Sedangkan, Kejurnas antara PPLP sepakbola di Pekanbaru," katanya.

Namun, waktu pelaksanaan belum bisa dipastikan tanggal dan bukannya. Yang jelas digelar tahun depan. Tapi, Boby berharap  kejurnas kedua cabang olahraga ini dilaksanakan sebelum Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2023. 

"Popnas diperkirakan Agustus 2023. Jadi kejurnas ini bisa jadi ajang pemanasan sebelum Popnas. Namun, akan kita situasi karena tahun depan ada pelaksanaan pemilu. Makanya kita bisa berharap di awal tahun atau pun di pertengahan tahun," ujarnya. 



(Mediacenter Riau/ms)