close× Telp +62 761 45505
close×

Gubri Syamsuar : Riau Erat Dengan Melayu dan Keislamannya, Maka Harus Kita Buktikan Bersama

Minggu, 19 Mar 2023 | 207 kali dilihat

PEKANBARU - Provinsi Riau atau yang biasa dikenal dengan Negeri Melayu, erat dengan keislamannya. Namun, hal tersebut perlu dibuktikan secara nyata.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Riau, Syamsuar saat menghadiri kajian rutin tasawuf di Masjid Raya Pekanbaru. Minggu, (19/3/2023).

“Bumi Melayu ini identik dengan keislamannya, maka dari itu mari kita buktikan,” ajak Syamsuar.

Salah satu cara untuk mewujudkan hal tersebut, pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah membangun pusat studi Al - Qur’an di Pekanbaru dan diberi nama Majelis Al-Qur'an Riau (Maqari) yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru.

“Ini didirikan sebagai upaya untuk melahirkan generasi muda Riau yang dekat dengan Al-Qur’an. Apalagi Riau ini Negeri yang penuh dengan berkah,” jelasnya.

Maqari sendiri diresmikan secara langsung oleh Gubri Syamsuar di Gedung Daerah Balai Serindit pada Senin, (20/2/2023) dan Ustad Mustafa Umar dipercayai sebagai Direkturnya.

“Angkatan pertama alhamdulillah ada 20 orang anak yang sudah menghafal 30 juz,” terang Syamsuar.

Syamsuar berharap jumlah ini akan terus bertambah. Sehingga semakin banyak lagi anak - anak Riau yang akan menjadi hafiz Qur’an.

“Saya berharap anak - anak tak hanya belajar ilmu dunia saja, tapi juga belajar ilmu Al -Qur’an,”.

“Coba bayangkan jika anak tersebut menjadi seorang Dokter dan menghafal Al-Qur’an, maka cepat orang sembuh. Selain dia berikan pengobatan, dia juga mendoakan pasiennya,” tutup Syamsuar.

Dalam kesempatan ini pula, Gubri dan rombongan menyempatkan diri untuk berziarah ke Komplek Pemakaman Marhum Pekan.

Setidaknya terdapat enam makam yang ada dalam komplek pemakaman ini, yaitu makam Sultan Siak ke-IV dan istri, Sultan Siak ke-V, beserta anak, menantu, dan cucu Sultan Alamuddin Syah



(Mediacenter Riau/wjh)