close× Telp +62 761 45505
close×

Padamkan Kebakaran Lahan BPBD Riau Kirim Tim dan Peralatan ke Bengkalis

Sabtu, 25 Mar 2023 | 101 kali dilihat

PEKANBARU - Untuk membantu memadamkan Karhutla yang terjadi di Kabupaten Bengkalis, BPBD Riau akan mengirimkan tim dan peralatan penanganan Karhutla ke Bengkalis. Pasalnya, hingga saat ini masih terjadi Karhutla di Kabupaten tersebut. 

"Kami akan segera kirimkan tim dan peralatan ke Bengkalis untuk membantu pemadaman Karhutla disana," kata Kepala BPBD Riau Edy Afrizal melalui Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Riau Jim Gafur. 

Dijelaskan Jim, kondisi curah hujan di Kabupaten Bengkalis dalam beberapa hari terakhir memang terus berkurang. Kondisi tersebut membuat lahan gambut menjadi kering dan sumber air untuk memadamkan Karhutla juga sulit di dapat. 

"Karena itu kami akan membawa pompa-pompa air dengan kapasitas besar, yang dapat menjangkau sumber air yang cukup jauh," ujarnya. 

Sementara itu, untuk bantuan berupa helikopter water boombing, hingga saat ini pihaknya masih menunggu dari pemerintah pusat melalui BNPB dan KLHK. 

"Bantuan helikopter masih diproses, kami harapkan akhir bulan ini sudah bisa dikirim ke Riau. Termasuk pesawat untuk teknologi modifikasi cuaca," harapnya.

Dijelaskan Jim, Teknologi Modifikasi Cuaca memang harus segera dilakukan di daerah pesisir Riau. Pasalnya, di daerah tersebut curah hujan sudah minim. 

"Berbeda dengan didaerah daratan yang masih kerap terjadi hujan," sebutnya.



(Mediacenter Riau/ms)