close× Telp +62 761 45505
close×

Prakiraan Cuaca di Riau 1 Juni 2023, BMKG Keluarkan Peringatan Dini

Kamis, 01 Jun 2023 | 140 kali dilihat

PEKANBARU - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru memprakirakan cuaca untuk wilayah Riau, pada, Kamis (1/6/2023). Disampaikan, hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi di wilayah setempat. 

"Hujan sudah mengguyur Riau sejak pagi hari dan akan kembali mengguyur Riau pada sore hingga dini hari. Hujan bersifat tidak merata, hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja," kata Forecaster on Duty BMKG stasiun Pekanbaru, Ahmad Agus, Kamis (1/6/2023). 

Disampaikan, pagi hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, Kuantan Singingi, Bengkalis, Siak, Pelalawan, Kepulauan Meranti, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Kota Dumai dan Kota Pekanbaru.

"Sementara siang hari cuaca cerah berawan, tak ada potensi hujan. Namun, sore hingga malam hari potensi hujan kembali terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Kuantan Singingi dan Kampar," ujarnya. 

Kemudian, kata dia, pada dini hari potensi hujan dengan intensitas ringan terjadi disebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Kampar, Rokan Hulu, dan Kota Pekanbaru. 

"BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang," ucapnya. 

Dijelaskan dia, potensi tersebut terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kuantan Singingi, Kampar, Siak, Bengkalis, Kepulauan Meranti, Pelalawan, Indragiri Hulu, dan juga Indragiri Hilir terutama pada pagi dan malam hari. 

Lebih lanjut disampaikan dia, suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 34.0 °C dengan kelembapan Udara 55 – 99 %. Sementara arah angin berhembus ke Selatan - Barat dengan kecepatan 10 – 45 km/jam.

"Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 meter," tandasnya. 



(Mediacenter Riau/jep)