close× Telp +62 761 45505
close×

Info Cuaca di Riau Hari Ini, BMKG Pekanbaru Masih Berpotensi Hujan

Rabu, 07 Jun 2023 | 147 kali dilihat

PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi prakiraan cuaca dan hotspot di Provinsi Riau pada Rabu, 7 Juni 2023.

Forecaster BMKG Pekanbaru, Sanya mengatakan bahwa pagi hari di Pekanbaru dan sebagian wilayah Provinsi Riau diprakirakan akan berawan.

"Terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat terjadi di sebagian wilayah Kampar, Kuantan Singingi, Pelalawan, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Siak, dan Kota Pekanbaru," kata Sanya, Rabu (7/6/2023).

Kemudian, pada siang hingga sore hari, cuaca diperkirakan cerah berawan hingga berawan di Pekanbaru dan sekitarnya.

"Terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat terjadi di sebagian wilayah Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Pelalawan, Kepulauan Meranti, Siak, dan sebagian Kampar," imbuhnya lagi.

Lalu, pada malam hari di Pekanbaru dan sekitarnya diperkirakan cerah berawan hingga berawan. Terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat terjadi di sebagian wilayah Rokan Hulu, Rokan Hilir, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Pelalawan, dan Bengkalis.

"Sedangkan pada dini hari di Pekanbaru dan sekitarnya diprakirakan berawan," jelasnya.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini terkait hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir pada pagi dan siang/sore hari.

Suhu udara di Pekanbaru dan sekitarnya diperkirakan berkisar antara 24,0 hingga 33,0 °C. Kelembapan udara diperkirakan berkisar antara 60 hingga 99 persen.

"Kecepatan angin diperkirakan bertiup dari arah Selatan - Barat dengan kecepatan antara 9 hingga 18 km/jam," jelasnya.

Untuk prakiraan gelombang laut, tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau diperkirakan berkisar antara 0,01 hingga 0,5 meter (tenang).

"Namun, perlu waspada terhadap potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat antara pagi dan siang hari di wilayah Perairan Batam, Tanjungpinang/Bintan, Karimun, dan Lingga," imbaunya.

BMKG juga memberikan informasi terkait titik panas (hotspot) di Sumatera. Pada update terakhir pukul 23.00 WIB, terdapat total 27 hotspot di Sumatera. Dari jumlah tersebut, terdapat di Bengkulu 3 hotspot, Jambi 7 hotspot, Lampung 7 hotspot, Sumatera Barat 3 hotspot, Sumatera Selatan 1 hotspot, Sumatera Utara: 2 hotspot, Bangka Belitung 3 hotspot. (Mediacenter Riau/bts)