close× Telp +62 761 45505
close×

Jelang Harvesting BBI dan BBWI, Pelaku UMKM di Riau Dibekali Pelatihan

Rabu, 07 Jun 2023 | 159 kali dilihat

PEKANBARU - Kegiatan pelatihan dan pendampingan terus dilakukan Pemprov Riau kepada pelaku UMKM menjelang acara Harvesting (panen) atau acara puncak Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Gernas Bangga Berwisata Indonesia (BBWI) di Provinsi Riau 

Kepala Dinas Perindagkop UKM Provinsi Riau Taufiq OH menyampaikan, bahwa Pemprov Riau sudah meluncurkan kegiatan kick off pada 12 Maret 2023 lalu. Lokasinya di Desa Gema, Kabupaten Kampar bersamaan dengan pelaksanaan Festival Subayang oleh Dinas Pariwisata Provinsi Riau.

"Kemudian di dalam kurun waktu dari Maret hingga Mei 2023, kami sudah dan akan melakukan 39 kegiatan baik pelatihan maupun pendampingan bagi UMKM di Riau. Jadi berdasarkan hasil asistensi kami dengan Kemenko Marves, BI, dan OJK kategori UMKM ini adalah yang sudah on boarding," ucap Taufiq di Ruang Melati, Kantor Gubernur, Rabu (7/6/2023). 

Lebih lanjut dijelaskan, saat ini ada tiga kegiatan yang berjalan bersamaan. Pertama  Disperindagkop UKM melakukan pendampingan kegiatan UMKM untuk ekspor yang berkoordinasi dengan Kemendag RI.

"Lalu, pelatihan digitalisasi ekspor dari Kemenko Marves dan pelatihan pelaku UMKM. Pendampingan dan pelatihan UMKM dilakukan kegiatan seperti, kurasi sosialisasi atau edukasi, Bimtek, E-smart, business matching," ucapnya. 

Dijelaskan dia, bahwa kegiatan tersebut telah dilakukan oleh Disperindagkop UKM Riau, pihak OJK dan Bank Indonesia dengan bekerja sama juga dengan IDEA. 

Kemudian, dikatakan dia, pada 14 Juni hingga 20 Juli 2023, pihaknya terus melakukan pelatihan dan pendampingan UMKM dengan biaya APBD atau APBN, maupun dengan Top Brand. 

"Kami informasikan Top Brand melalui OJK sudah bersedia melakukan pelatihan UMKM on boarding, mereka bersedia membantu penuh dan BI juga Top Brand yang terlibat dan ditunjuk oleh Kemenko Marves," tandasnya. 



(Mediacenter Riau/Alw)