Menteri Dalam Negeri (Mendagri) atas nama Presiden Susilo Bambang Yudoyono secara resmi melantik enam bupati dan satu walikota daerah pemekaran, Selasa (26/05/2009) ini di Jakarta . Salah satu yang menjabat bupati daerah pemerkan baru tersebut adalah Drs Syamsuar untuk Plt Bupati Kepulauan Meranti, Provinsi Riau.

Pelantikan yang berlangsung di Kantor Menteri Dalam Negeri itu secara langsung juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Riau HR Mambang Mit, Asistem I Setdaprov Riau Abdul Latif, Asisten III M Ramli Walid.

Mendagri Mardiyanto dalam amanatnya mengatakan, pemekaran wilayah diharapkan akan meningkatkan segala percepatan pembangunan, pemerataan pembbangunan serta pelayanan yang selama ini dikeluhkan akan tercapai. Sehingga pejabat yang telah dilantik ini kiranya mampu memanfaatkan tugas tersebut dengan baik.

Selain itu, Mendagri pun menekankan dua tugas utama yang harus dijalankan oleh para penjabat yang baru itu, yakni menjalankan tugas pemerintahan dan menyiapkan pelaksanaan Pilkada pada pemilihan kepala daerah definitif. Karena itu deadline setahun yang diberikan Mendagri tersebut terhadap para penjabat, harus benar dilaksanakan.

Sementara ditempat yang sama, Wagubri HR Mambang Mit seusai pelantikan, tampak memberikan ucapan selamat terhadap Penjabat Bupati Meranti, Syamsuar. Pada kesempatan itu, Mambang mengharapkan kepada Syamsuar kiranya mampu menjalakan roda pemerintahan yang kini telah diembannya, sebagaimana pula yang telah dipesankan Mendagri