close× Telp +62 761 45505
close×

News

Kadinkes Riau Ikuti Kegiatan Community Talk Dalam Rangka Hari Autis Sedunia 2018

Politics and GovernmentShort url: https://www.riau.go.id/s-3909
Tuesday, Apr 24 2018

Pekanbaru (dinkes.riau.go.id) - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Dra. Hj. Mimi Yuliani Nazir, Apt. MM mewakili Plt. Gubernur Riau menghadiri acara kegiatan Community Talk dalam rangka Hari Autis Sedunia Tahun 2018 di Gedung Wanita yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, Rabu (11/4/2018).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Dra. Hj. Mimi Yuliani Nazir, Apt. MM mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Riau menyambut baik dengan diadakannya kegiatan Community Talk ini. Dimana diharapkan dengan diadakannya kegiatan ini dapat meningkatkan kepedulian kita bersama dalam proses kesembuhan anak-anak penyandang Autis.

Kegiatan Community Talk dalam rangka Hari Autis Sedunia Tahun 2018 mengusung tema "Bagaimana Meraih Kesembuhan Anak Autis Verbal dan Sekolah Reguler".

Dra. Hj. Mimi Yuliani Nazir, Apt. MM dalam kegiatan ini juga menyampaikan bahwa "Mari kita sama-sama memberikan peluang yang sangat besar kepada anak-anak Autis tersebut, karena itu merupakan amanah yang diberikan oleh tuhan kepada kita semua” ucapnya. 

Selain itu, ia mengajak kepada semua pihak untuk tidak menggunakan kata Autis sebagai bahan ejekan karena Autis dapat mengenai siapa saja tanpa melihat status sosial, dimana hal tersebut dapat menyakiti perasaan anak-anak penyandang Autis.

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa Pemerintah Provisi (Pemprov) Riau telah menyiapkan ruangan khusus di Rumah Sakit Jiwa Tampan untuk anak-anak Autis dan berkebutuhan khusus sebagai bentuk kepedulian Pemprov Riau.

Semakin dini diketahui anak-anak terkena autis maka semakin mudah dalam penanganan terapi dan perawatannya. Beliau juga menjelaskan bahwa “Perlunya sosialisasi, edukasi kepada masyarakat dan informasi bahwa Autis itu dapat disembuhkan," Jelasnya.

Dalam kegiatan ini hadir sebagai narasumber adalah perwakilan dari Autism Center Anak Cemerlang Chairita Miranda, Mantan Autis Mahasiswa Unisba semester 6 Marteen dan Awis Qarni seorang terapis bagi anak-anak Autis

Dalam acara kegiatan Community Talk di Gedung Dharma Wanita Pekanbaru panitia juga mendatangkan bintang tamu kejutan yaitu Dr. Rudy Sutadi, SpA, MARS, SpdI seorang dokter Spesialis Anak, Konsultan Ahli Autis, ABA dan BIT (Applied Behavior Analysis dan Biomedical Intervention Therapy), yang mana beliau adalah Profisional Indonesia pertama yang menyebarluaskan dan mempopulerkan ABA (Applied Behavior Analysis) untuk Autisme di Indonesia.