close× Telp +62 761 45505
close×

News

Peresmian Puskesmas Rejosari, Gubri Nyatakan Pemprov Riau Terus Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

Politics and GovernmentShort url: https://www.riau.go.id/s-2961
Thursday, Jun 22 2017

Gubernur Riau Bapak Ir. H.Arsyadjuliandi Rachman, MBA menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi Riau terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan baik dari segi pembangunan maupun dari sumber daya kesehatan. Hal ini dibuktikan dengan diresmikan 2 Puskesmas sekaligus yakni Puskesmas Rejosari dan Puskesmas Plus Sapta Taruna di Jalan Pemuda , Tenayan Raya Kota Pekanbaru (Rabu, 21/06/2017).

Peresmian Puskesmas ini Bersempena Memperingati Hari Jadi Kota Pekanbaru yang Ke-233 Tahun 2017. Pada acara peresmian tersebut, turut hadir Walikota Pekanbaru Bapak H. Firdaus, S.T, M.T, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Dra. Hj. Mimi Yuliani Nazir, Apt, MM, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru drg. Helda Suryani Munir M.Kes, Kepala Biro Pembangunan Provinsi Riau, Camat serta masyarakat Tenayan Raya Kota Pekanbaru.

Pembangunan Puskesmas Rejosari yang memiliki luas ± 1 hektar ini didanai oleh Bantuan Keuangan Anggaran pendapatan Belanja Daerah (BANKEU APBD )Provinsi Riau tahun 2016. Total BANKEU Provinsi Riau Tahun 2016 untuk Pekanbaru senilai 34,5 Milyar yang terdiri dari :

  • Pembayaran Premi PBI

  • Pembangunan 2 buah Puskesmas yakni Puskesmas Rejosari yang merupakan relokasi Puskesmas yang lama dan Puskesmas Sapta Taruna yang merupakan Puskesmas Baru .

  • Pengadaan 2 Unit Ambulance (Untuk Puskesmas Rejosari dan Sapta Taruna).

  • Pengadaan 2 Paket Alat Kesehatan (Untuk Puskesmas Rejosari dan Sapta Taruna).

Walikota Pekanbaru mengatakan ,” Secara infrastruktur, kita sudah memadai untuk melayani masyarakat dalam hal kesehatan. Hanya saja yang harus ditingkatkan lagi adalah SDM nya dalam pelayanan kesehatan,” Ujar Wako saat pemberian sambutannya.

Beliau juga berharap kepada petugas kesehatan yang ada baik di puskesmas maupun rumah sakit untuk dapat memberikan edukasi kepada masyarakat agar menerapkan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Hal yang sama juga disampaikan oleh Gubri pada saat acara peresmian tersebut. “Dua hal yang harus ditingkat adalah soal pelayanan dan manajemen yang ada di Rumah Sakit maupun di Puskesmas. Polanya harus diubah, dalam artian harus jemput bola, Baik dalam mensosialisasikan ke kelompok masyarakat untuk menyadarkan akan pentingnya kesehatan serta memberikan hal terbaru tentang kesehatan masa kini. Saya rasa ini juga menjadi tugas dari puskesmas yang merupakan ujung tombak dari segi Pelayanan Kesehatan,” Tegas Gubri.

Rencananya puskesmas ini akan dinaikkan statusnya menjadi rumah sakit Type D karena Puskesmas ini memiliki ruangan dan alat yang cukup lengkap layaknya rumah sakit. Ini semua untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat.

Gubernur Riau berharap jika Puskesmas ini nantinya dijadikan Rumah Sakit Type D, Kualitas SDM harus ditingkatkan serta komitmen petugas dalam memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.