close× Telp +62 761 45505
close×

News

Sosialisasi Asesmen Resiko Jatuh Sub Komite KPRS ( Keselamatan Pasien Rumah Sakit ) RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau

Politics and GovernmentShort url: https://www.riau.go.id/s-2863
Tuesday, May 02 2017

      Pekanbaru – Sabtu pagi tanggal 22 April 2017, Sub Komite KPRS RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau mengadakan acara sosialisasi asessment resiko jatuh di Ruang Serba Guna lt dasar gedung utama RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Dalam acara sosialisasi tersebut yang menjadi penyampai materi adalah Christina Passion,SST sekretasis Sub Komite KPRS dan peserta yaitu perawat dan satuan pengamanan RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau (security).

          Adapun materi yang disampaikan adalah tentang tata cara pelaksanaan yang harus dilakukan perawat ataupun security secara konsisten pada pasien yang datang berobat ke RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dengan cara melakukan asesmen ataupun penilaian terhadap fisik pasien yang datang berobat ke RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dengan formulir penilaian yang sudah ada. Dengan  hasil dari penilaian resiko jatuh tersebut maka akan dilakukan pencegahan resiko jatuh dengan nilai yang didapat. Pencegahan resiko jatuh juga melibatkan tenaga security karena pasien yang datang berobat terlebih dahulu disambut oleh security. Pada saat menolong pasien security diharapkan dapat cepat tanggap menilai fisik pasien salah satunya apakah dapat berjalan atau tidak ( menggunakan alat bantu jalan ), kemudian agar tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan (KTD) security dapat melakukan edukasi pada pasien dan keluarga untuk menghindari KTD  pasien jatuh. Juga dapat memberikan tanda bahwa pasien tersebut bila beresiko tinggi dengan menempelkan stiker resiko jatuh berwarna kuning pada badan pasien yang dapat terlihat oleh orang lain. Juga security dapat membantu perawat atau bidan dalam hal memindahkan pasien dari tempat tidur ke kursi roda ataupun ke brankar atau sebaliknya.

          Perawat di unit pelayanan juga harus komitmen dalam melakukan pencegahan resiko jatuh di unit pelayanan untuk mencegah terjadinya KTD yaitu pasien jatuh. Adapun penilaian resiko jatuh RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau menggunakan beberapa metode yaitu:

  • Skala Get up and 60 untuk IGD dan Poli Rawat Jalan.

  • Skala Falls Morse untuk pasien dewasa.

  • Skala Humpty Dumty untuk Pasien Anak.

  • Skala Ontario Modified untuk pasien geriatri / lansia.