close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Deklarasi Jaga Tradisi, Kembangkan Inovasi Produk Sagu

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-2222
Kamis, 27 Okt 2016

           25 OKTOBER 2016 PEKANBARU, Deklarasi Jaga Tradisi, Kembangkan Inovasi Produk Sagu di taja oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Riau, yang dilaksanakan dalam rangka Acara Festival “ Sagu Riau Menyapa Dunia” bersempena dengan Hari Pangan Sedunia. Deklarasi ini dilakukan mengingat bahwa Provinsi Riau memiliki potensi lahan sagu terluas di Sumatera. Potensi sagu tersebut dengan berbagai produk turunannya, belum dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh sebab itu Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Riau dalam implementasi Sistem Inovasi Daerah melalui Science Techno Park (STP) Riau, berusaha mempercepat pengembangan inovasi produk sagu Riau, sehingga dapat meningkatkan daya saing dan ksesejahteraan masyarakat. Salah satu usaha tersebut adalah melalui Deklarasi pada hari ini yang bertepatan dengan peringatan Hari Pangan Sedunia Tahun 2016.

           Deklarasi ini merupakan upaya Pemerintah Provinsi Riau untuk mempercepat peningkatan nilai tambah sagu, melalui pengembangan inovasi produk sagu. Dalam deklarasi ini akan ditanda tangani komitmen bersama Gubernur Riau dan Bupati/Walikota se Provinsi Riau, dan  turut menyaksikan dan menandatangani Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Kementerian Riset dan Teknologi, Kementerian Perindustrian dan  Kementerian Pertanian.

           Tujuan dari deklarasi ini adalah  mempunyai tujuan yakni : 1) Mendorong inovasi produk berbahan baku sagu untuk kemandirian pangan, 2) Menggerakkan dan mengoptimalkan peran pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha dalam suatu gerakan, mengkonsumsi sagu sehari dalam seminggu, 3) Menggalang kerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan penganekaragaman konsumsi pangan berbahan sagu. Dengan adanya deklarasi sagu tersebut diharapkan sinergitas dan kolaborasi antara pemerintah, dunia usaha, perguruan tinggi dan masyarakat dalam percepatan peningkatan daya saing produk sagu di Provinsi Riau, yang akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.