close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Balitbang Kembangkan SDM Berbasis Unggulan Daerah

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-2301
Senin, 14 Nov 2016

Pekanbaru  02-11-2016, Badan Penelitian dan pengembangan (BALITBANG) Pprovinsi Riau mengembangakan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) berbasis unggulan. Ini dilakukan untuk meningkatkan potensi daerah dengan penguatan sektor pendidikan kejuruan.

Hal ini diwujudkan dengan persentasi akhir kajian pengembangan sekolah berbasis unggulan. Dalam implementasinya, BALITBANG focus pengembangan potensi turunan sagu dan kelapa.

Hal itu disampaikan kepala BALITBANG Riau Dra. Arbaini, MT , Rabu (02-11) Dihotel furaya pekanbaru. Menurutnya potensi ini bernilai tinggi. Dimulai dengan pembinaan SDM misalnya dari tingkat SMK yang sifatnya tenaga terampil.

“Pertemuan ini memang mengkaji tentang kurikulum disekolah untuk menambah wawasan dan kemampuan.  Mulai dari pembudidayaan dan industri hilirnya. Diharapkan ada Output akhir, bagaimana menyusun suatu kurikulum dari potensi tersebut, “Paparnya.

Pembahasan dan pengkajian tersebut menghadirkan perwakilan dua kabupaten, yakni Inhil dan Meranti. Selain itu SKPD terkait seperti Dinas pertanian, Dinas perkebunan, Disperindak, Bapeda, Disdik, dan beberapa guru SMK didaerah.

Nantinya Dra. Arbaini, MT akan menambahkan, aka nada rekomendasi pengembangan ditingkat SMK. Kemudian pengembangan kurikulim SMK sesuai dengan potensi unggulan, khususnya sagu dan kelapa untuk menjadi sektor unggulan daerah.(rio/bbi)