close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

KAJIAN PENGEMBANGAN ALAT PENGGALI AIR MOBILE UNTUK PEMADAMAN KEBAKARAN LAHAN GAMBUT TERINTEGRASI DENGAN SYSTEM PREVENTIF KEBAKARAN

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-2307
Selasa, 15 Nov 2016

Pekanbaru  07-11-2016, Badan Penelitian dan pengembangan (BALITBANG) Provinsi Riau mengadakan seminar "KAJIAN PENGEMBANGAN ALAT PENGGALI AIR MOBILE UNTUK PEMADAMAN KEBAKARAN LAHAN GAMBUT TERINTEGRASI DENGAN SYSTEM PREVENTIF KEBAKARAN". Hal ini dianggap penting karena bencana kebakaran di lahan gambut berdampak terjadinya bencana asap yang secara luas menimbulkan kerusakan lingkungan berupa  polusi udara dan kerusakan ekosistem, juga kerugian di bidang ekonomi, sosial juga mengancam kesehatan masyarakat. Penelitian ini di lakukan oleh Dr. Muhammad Yusa, Msc  (Ketua Tim), Dr. Ir. Ari Sandhyavitri, MSc (Anggota), Bambang Sudjadmoko,ST.MT (Anggota), Dodi Sofyan Arief, ST. MT (Anggota), Dedi Permana, ST  (Anggota), Rizki R Husaini, ST  (Anggota). 

Menurut TIM PENELITI  mengenai pengurangan resiko kebakaran hutan "Sangat perlu dilakukan pengkajian dan perbaikan terhadap pola dan praktek pengelolaan sumberdaya hutan dan masyarakat yang tinggal di sekitar hutan dan Harus dilakukan secara cepat dan efektif. Proses kecepatan pemadaman kebakaran hutan di sekitar lokasi kebakaran merupakan solusi agar kebakaran tidak cepat merambat ke skala yang lebih besar"

Opsi Penanggulangan resiko kebakaran hutan yang ada saat ini adalah Salah satu alat manual maupun mekanis yang diperlukan untuk pencegahan dan pemadaman kebakaran gambut adalah alat penggali air. Ketersediaan Air Di Lokasi, Mobilisasi Alat Pemadam, Aksesbilitas merupakan Kendala Penanggulangan resiko kebakaran hutan berdasarkan opsi tersebut. Untuk itu  Upaya yang dilakukan adalah dengan pengembangan kajian keseimbangan air tanah gambut dan kajian alat penggali air mobile untuk penyediaan air melalui pembuatan sumur-sumur sebagai sumber air untuk pemadaman kebakaran lahan gambut.

Download File