close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

BALITBANG RIAU MENDAPAT PENGHARGAAN SEBAGAI BPPD BERKINERJA UTAMA 2016

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-2523
Rabu, 28 Des 2016

        Dalam upaya mendorong pengembangan dan inovasi teknologi untuk mendukung kemandirian dan daya saing bangsa, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RIsetiap tahun melakukan penilaian terhadap lembaga penelitian dan pengembangandilingkungan kementerian, lembaga pemerintah non kementerian (LPNK) dan badan penelitian dan pengembangan daerah. Pada tahun 2016, Kementerian Ristek dan Dikti kembali memberikan penghargaan kepada lembaga penelitian  dan pengembangan pada acara Apresiasi Lembaga Litbang Tahun 2016 yang diselenggarakan di Jakarta, pada tanggal 22 Desember 2016. Dalam rangkaian acara tersebut dilakukan Deklarasi Pusat Unggulan Iptek (PUI), Penyerahan Sertifikat Akreditasi Pranata Litbang, Apresiasi Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BPPD) Berkinerja Utama, Apresiasi Industri Pemanfaat Hasil Litbang Unggulan PUI.

Pada kategori penghargaan Apresiasi BPPD Berkinerja Utamapada Tahun 2016diberikan kepada Balitbang Provinsi Riau, bersama Balitbang Kaltim, Balitbang Jambi dan Balitbang Lampung. Penghargaan tersebut langsung diberikan oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI, Prof. Dr. Muhammad Nasir, M.Sc yang diterima oleh Ir. Arlizman Agus, M.Si, staf ahli Gubernur Riau bidang pembangunan yang mewakili Gubernur Riaupada acara yang dilaksanakan di Auditorium lantai 3, GedungKementerian Ristek Dikti, Jl. MH. Thamrin Jakarta.

Menurut Kepala Balitbang Provinsi Riau, Ir. Arbaini, MT, terpilihnya Balitbang Provinsi Riau sebagai BPPD Berkinerja Utama tahun 2016 ini berdasarkan penilaian Kementerian Ristek Dikti terhadap komitmen dan upaya yang telah dilakukan oleh SKDP tersebut dalam melakukan inovasi terhadap produk hilir sagu di Provinsi Riau.Komitmen tersebut ditunjukkan dengan inisiasi yang telah dilakukan pada Deklarasi“Deklarasi Jaga Tradisi, Kembangkan Inovasi Produk Sagu”yang ditandatangani oleh Bupati/Walikota se-Provinsi Riau dalam mengembangkan riset dan inovasi produk hilir sagu dan komitmen pemerintah daerah untuk mendorong peningkatan konsumsi produk pangan berbahan sagu pada setiap even yang dilaakukan baik oleh pemerintah daerah, masyarakat maupun dunia usaha di daerah.

Selain itu, Balitbang Provinsi Riau melalaui wadah ScienceTechno Park (STP) juga telah berhasil mengembangkan inovasi berbagai produk sagu diantaranya produk gula cair dari sagu, beras (analog) sagu, mie sagu instan, maccaroni sagu, eggrollsagu dan produk fortifikasi chlorellaPada mie sagu instan. Produk seperti gula cair banyak dibutuhkan oleh dunia industri, sehingga diharapkan dapatmemberi peluang usaha baru bagi UMKM di daerah ini sehingga akan mendorong peningkatan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja di daerah.(Jakarta, 22/12-2016)