close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Pembinaan Analisis Beban Kerja, Peta Jabatan, Formasi Jabatan Dan Proyeksi Kebutuhan Pegawai Se Provinsi Riau Tahun 2017

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-2629
Jum'at, 24 Feb 2017

PEKANBARU - Biro Organisasi Sekretariat Daerah mengadakan Pembinaan Analisis Beban Kerja, Peta Jabatan, Formasi Jabatan dan Proyeksi Kebutuhan Pegawai Se Provinsi Riau Tahun Anggaran 2017 di Hotel Furaya Pekanbaru. Acara dibuka secara resmi oleh Gubernur Riau yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum, Kasiarudin, SH yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 23 Februari 2017.

Acara diawali dengan laporan Panitia oleh Kepala Bagian Kelembagaan dan Analisis Jabatan Ade Yudistira, SH, M.Si dan dihadiri oleh Pejabat dari Badan Kepegawaian Negara sekaligus sebagai Narasumber Suhartono, Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Riau H.Jonli, S.Sos, M.Si, dan peserta dari Perangkat Daerah Provinsi Riau serta peserta dari Kabupaten/Kota berjumlah 120 orang yang hadir.

Dalam sambutannya Asisten Bidang Administrasi Umum mengatakan “Era globalisasi yang sarat dengan persaingan dalam penyelenggaraan pemerintahan yang efektif dan efisien menuntut profesionalisme sumber daya aparatur dalam pelaksaaan urusan pemerintahan. Sedangkan yang terjadi saat ini, profesionalisme yang diharapkan belum sepenuhnya terwujud. Salah satu penyebab utamanya karena terjadi ketidaksesuaiaan antara kompetensi pegawai dengan jabatan yang didudukinya. Ketidaksesuaian itu disebabkan oleh komposisi keahlian atau keterampilan pegawai yang belum proporsional. Demikian pula, pendistribusian pegawai masih belum mengacu pada kebutuhan nyata organisasi, dalam arti belum didasarkan pada beban kerja organisasi. Menumpuknya pegawai di satu unit tanpa pekerjaan yang jelas dan kurangnya di unit lain merupakan kenyataan dari permasalahan tersebut. Di sisi lain pembentukan organisasi cenderung tidak berdasarkan kebutuhan nyata, dalam arti organisasi yang dibentuk terlalu besar sementara beban kerjanya kecil, sehingga pencapaian tujuan organisasi tidak efisien dan efektif."

Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah bertambahnya pengetahuan aparatur tentang Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja pada Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Riau dengan tujuan Masing-masing Perangkat Daerah dapat menyusun Analisis Jabatan, Anaisis Beban Kerja, Peta Jabatan dan Proyeksi Kebutuhan Pegawai sesuai dengan Perangkat Daerah yang baru berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Riau Nomor 4 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Darah Provinsi Riau dan Peraturan Gubernur Riau Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan fungsi, serta Tata Kerja Perangkat Daerah.