close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Sekdaprov. Memimpin FGD (Focus Group Disc) Sentra Industri Kelapa Terpadu

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-2645
Rabu, 01 Mar 2017

PEKANBARU-Sekretaris Daerah Provinsi Riau H.Ahmad Hijazi, SE, M.Si memimpin Rapat FGD (Focus Group Discussion) Sentra Industri Kelapa Terpadu Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau, pada hari ini di Gedung Menara Lancang Kuning Lt.8, Jum’at (24/02/2017).

Dalam FGD ini materi dipaparkan oleh Direktur IKM Pangan, Barang dari Kayu, & Furnitur Kementrian Perindustrian, Bpk.Sudarto, 
Hadir juga Kadis Perindustrian Prov.Riau Mhd.Firdaus, SE, MM, Pejabat Ess.III dari Provinsi Riau, Ass.II dari Kabupaten Indragiri Hilir, Rudiansyah, dan Pejabat Kab.Indragiri Hilir, serta Pejabat Terkait.

Kelapa merupakan tanaman multiguna, karena seluruh bagian tanaman ini bermanfaat bagi kehidupan manusia serta mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi. Produk-produk yang dapat dihasilkan dari kelapa, antara lain virgin coconut oil (VCO), minyak goreng, bahan kosmetik, farmasi, asap cair, briket, nata de coco dll.

“Pengembangan kelapa yang paling efektif adalah dengan pemberdayaan masyarakat melalui model teknologi industri rumah tangga menggunakan ilmu kimia terapan yang sederhana,” ujar Sudarto Direktur IKM

"Model pengembangan industri kecil kelapa terpadu di perdesaan ini akan mempunyai manfaat antara lain meningkatkan nilai tambah dari petani kelapa karena mereka dapat mengolah buah kelapa menjadi banyak produk yang dapat dipasarkan", tegasnya.

[::PUSDATIN DISPERIN PROV.RIAU::]