close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Diskominfotik Riau Komit Terhadap Perkembangan Aplikasi Lapor

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-3058
Senin, 31 Jul 2017

PEKANBARU - Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau menegaskan komitmennya terhadap perkembangan aplikasi Lapor. Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Diskominfotik Riau Erik Oktavianda pada saat rapat bersama Ombudsman Riau yang membahas perkembangan aplikasi Lapor di Ruang Rapat Diskominfotik Riau, Senin (8/5).

Erik mengungkapkan ada beberapa upaya Diskominfotik Riau dalam menjalankan aplikasi Lapor, di antaranya:

Pertama, pada tanggal 26 Mei 2016 yang lalu, Diskominfotik Riau melaksanakan MoU dengan Kantor Staf Kepresidenan. Dikatakan oleh Erik, bahwa pembentukan Mou ini juga nantinya akan dilaksanakan di Kabupaten/Kota dan Satuan Kerja (Satker) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

Kedua, Diskominfotik Riau melaksanakan bimbingan dan teknis (bimtek) tentang bagaimana pembentukan admin aplikasi Lapor yang berasal dari Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten/Kota dan Satker di lingkungan Pemprov Riau.

Ketiga, melaksanakan dialog interaktif dengan narasumber yang berasal dari Kantor Staf Presiden yang ditayangkan oleh stasiun televisi Riau Televisi (RTv) untuk mempublikasikan bagaimana aplikasi Lapor ini dapat diketahui masyarakat.

Keempat, membuat iklan layanan masyarakat terkait informasi aplikasi Lapor yang ditayangkan di stasiun televisi RTv.

Kelima, melaksanakan bimtek lanjutan yakni Sosialisasi Standard Operating Procedure (SOP) Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan Tindaklanjut Sistem LAPOR! di Hotel Alpha, Kamis (4/5) yang lalu.

Beberapa langkah tersebut kata Erik adalah untuk mensosialisasikan aplikasi Lapor kepada masyarakat. Meski demikian ia tidak menapik bahwa masih terdapat banyak kekurangan. Oleh karena itu ia berharap kedepannya sosialisasi aplikasi Lapor ini dapat dilaksanakan lebih baik. (MC Riau/Zak)