close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

SOSIALISASI PEMBINAAN KAMPUNG IKLIM BADAN LINGKUNGAN HIDUP PROVINSI RIAU DI KABUPATEN BENGKALIS

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-320
Selasa, 04 Nov 2014

Pada tanggal 21 Oktober 2014 Badan Lingkungan Hidup Provinsi Riau bekerja sama dengan Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkalis serta kepala desa mentayan telah melakukan sosialisasi pembinaan kampung iklim. Tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk memperkuat dan mensinergikan upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim di tingkat tapak. Sosialisasi ini diikuti oleh 40 orang peserta yang merupakan perwakilan dari desa Mentayan, desa Ulu Pulau, desa Teluk Papal dan desa Bantan Tengah kecamatan Bantan.

 

Peserta sangat antusias sekali mengikuti acara pembinaan kampung iklim ini, hal ini terlihat dari banyaknya feedback yang disampaikan masyarakat terkait dengan materi/ informasi yang disampaikan narasumber.

Adapun materi yang disampaikan narasumber diantaranya :

1.    Peningkatan peran serta masyarakat dalam meminimalisasi perubahan iklim, yang disampaikan oleh Kasubbid Perubahan Iklim Provinsi Riau bapak Heri Yanto dan materi program-program kampung iklim (Proklim) : mengubah krisis menjadi peluang disampaikan oleh Ibu Risky Rachmawati serta materi tata cara pengusulan proklim.

 

Dan diskusi yang berlangsung selama pembinaan diketahui bahwa upaya-upaya mitigasi dan perubahan iklim telah dilakukan oleh masyarakat di 4 desa tersebut, dimana aktivitas-aktivitas/upaya yang mereka lakukan sudah merupakan kebutuhan sehari-hari seperti: pemanfaatan lahan pekarangan, penghijauan, pengolahan pertanian terpadu, pemanenan air hujan, pemilihan komoditi berbasis perubahan iklim dan sebagainya.

 

Peserta juga berharap kepada pemerintah baik itu kabupaten, provinsi, dan pusat. Kiranya, upaya-upaya/ aktivitas mitigasi perubahan iklim dapat ditingkatkan di desa mereka, dan yang sangat mendesak saat ini adalah peningkatan pemahaman, kesadaran dan keterampilan masyarakat dalam hal pengomposan secara komersil, pengolahan sampah, dan keterampilan yang berkaitan dengan peningkatan kualitas mitigasi dan adaptasi perubahan iklim yang perlu dimiliki oleh masyarakat.

 

Disamping itu pihak Badan Lingkungan Hidup Provinsi dan Kabupaten Bengkalis juga melakukan peninjauan terhadap kondisi desa dan upaya proklim yang telah dilakukan oleh desa mentayan.

Dari peninjauan tersebut tim melihat beberapa aktivitas proklim diantaranya :

1.    Pemanfaatan lahan perkarangan

2.    Penghijauan

3.    Pemanenan air hujan (PAH)

4.    Solar Trap (perangkap hama) ramah lingkungan

5.    Bendungan/bangunan irigasi pasang surut (berfungsi sangat baik)

6.    Rehabilitasi mangrove

 

Dari hasil pembinaan dan peninjuan lapangan tim menyarankan kepada 4 desa tersebut kiranya dapat mengusulkan desanya ke KLH sebagai desa Proklim.