close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

BLH Turunkan Tim Kaji Tumpahan Minyak Di Dumai

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-346
Kamis, 20 Nov 2014

Kamis, 20 November 2014 | 09:33:04 WIB


PEKANBARU - Badan Lingkungan Hidup Riau menurunkan tim untuk mengkaji dampak tumpahan minyak yang sempat menarik perhatian di Kota Dumai agar mendapat informasi tentang dampak yang dapat terjadi setelah peristiwa yang terjadi beberapa hari lalu.

Komitmen itu disampaikan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Riau, Yulwiriati Moesa, Kamis (20/11) di Pekanbaru. Menurutnya, pihak BLH juga sudah mengkonfirmasi perusahaan terkait peristiwa yang menarik perhatian beberapa hari belakangan ini.

'Yang harus diperhatikan itu adalah dampak ekologisnya. Untuk itu, kita sudah turunkan tim. Kita ingin melihat langsung dan Mengkaji situasi dan dampaknya. Alhamdulillah, pihak perusahaan jyga berkomitmen untuk bertanggung jawab,' urainya.
 
Saat ditanyakan mengenai hasil tindaklanjuti terkait dampak tumpahan minyak itu, ia menilai pihaknya sudah Mengkaji dampak ekologis dari peristiwa tersebut. Selanjuta mendesak perusahaan untuk memperbaiki dan menindaklanjuti sesuai rekomendasi yang diberikan.

'Mereka siap memperbaikannya. Saat itu, kita turun bersama pihak BLH Kota Dumai. Pasca melihat secara langsung, kita juga mempertanyakan komitmen perusahaan. Intinya mereka akan memperbaiki situasi dan meyakini hal tersebut tidak terulang lagi,' ungkap Yul sapaan akrabnya.

Begitu juga saat disinggung mengenai dampak lain dan Amdal yang dimiliki perusahaan, Yul menerangkan proses tersebut secara bertahap sudah ditangani. Sementara untuk Amdal perusahaan sudah dimiliki sebagai persyaratan mutlak.

'Kalau Amdal tidak ada masalah, tapi dampak dari kejadian tersebut secara ekologis yang perlu menjadi perhatian. Memang peristiwa yang terjadi karena faktor teknis, tapi diharapkan tidak terulang lagi,' sambung Yul.(MC Riau/mz)