close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Puncak Hari AIDS Sedunia, Gubri Himbau Masyarakat Dan Mahasiswa Hindari HIV

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-3563
Rabu, 06 Des 2017

Gubernur Provinsi Riau Ir. H. Arsyadjuliandi Rachman, MBA menghimbau kepada seluruh masyarakat, mahasiswa serta seluruh pemuda/pemudi penerus bangsa khususnya di Provinsi Riau untuk hindari HIV. Hal ini disampaikan Gubri saat memberikan sambutannya pada acara puncak Peringatan Hari AIDS Sedunia yang digelar pada hari minggu kemarin di Area Car Free Day Jl. Gajah Mada Pekanbaru (03/12/17).

Gubri menjelaskan bahwa HIV bisa disebabkan oleh pergaulan bebas, drug bahkan bisa disebabkan akibat pergaulan sesama jenis.

“Hal yang paling penting adalah kita jaga diri kita masing-masing. Untuk generasi muda, hidupnya masih lama. Masih banyak yang bisa diperbuat untuk negara ini. Apalagi untuk 100 tahun Indonesia merdeka. Kita harus punya SDM yang lebih bagus daripada yang sekarang ini,” Tegas Gubri saat menyampaikan pidatonya.

Gubri juga menyampaikan, walaupun Pemerintah telah berhasil menekan angka kematian HIV, kita harus tetap menjaga diri, baik dari kalangan pelajar maupun masyarakat agar tetap berbuat yang baik di era digital saat ini.

Di tempat yang sama, Sekretaris KPAP Riau dr. Sri Suryaningsih, MscPH mengatakan virus HIV bisa dicegah. Artinya virus ini bisa mati dengan dipanaskan dalam suhu 60 derajat selama satu jam dan dengan sinar matahari dia akan hilang. Selain itu juga dengan menerapkan PHBS juga bisa mencegah virus tersebut. Akan tetapi jika dia telah masuk ke darah kita ini menjadi sulit untuk dicegah.

“Saat virus ini telah masuk ke darah kita, ini akan menjadi sulit untuk dihilangkan. Karena virus ini sifatnya mengidap kedalam Lekosit(sel darah putih). Lekosit yang merupakan sel darah putih untuk mencegah tubuh kita dari penyakit-penyakit,” jelasnya.

Sekretaris KPAP Riau menambahkan,”HIV ini jika masuk kedalam darah ia akan bersemayam dengan sel darah putih kita yang mempunyai sifat replikasi.”

 Seperti yang dijelaskan Gubri, Sri Suryaningsih mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk selalu menjaga diri agar terhindar dari HIV dengan cara jauhi pergaulan bebas, setia pada satu pasangan dan tidak minum minuman keras.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Dra. Hj. Mimi Yuliani Nazir mengatakan, dengan adanya komitmen Pemerintah Daerah, kita bisa lebih mempunyai sesuatu kepedulian terhadap penderita HIV dengan meningkatkan 3 ZERO.

“ Dengan 3 Zero ini kita Menolkan angka kasus HIV Baru, Menolkan angka kematian AIDS dan Menolkan angka stigma dan deskriminasi terhadap penderita HIV. Kita tidak perlu mengucilkan mereka karena mereka sama dengan kita seperti masyarakat lainnya. Jangan jauhi orangnya tapi jauhi penyakitnya.” Tutup Kadinkes saat diwawancarai Tim Media Dinkes Prov. Riau di Area CFD Pekanbaru.

Pada acara puncak peringatan Hari AIDS Sedunia ini Gubri bersama Sekretaris KPAP Riau, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Direktur RSUD Arifin Achmad, Direktur RSJ, Lanut Riau, Polda Riau serta Pejabat Pemerintah Provinsi Riau lainnya melakukan penandatanganan komitmen “Stop HIV” sebagai bukti komitmen pemerintah dalam mencegah serta menekan angka HIV di Provinsi Riau.