close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

2 HARI BERTURUT-TURUT, 3 PASIEN JANTUNG BERHASIL DI OPERASI

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-3574
Sabtu, 09 Des 2017

     Pekanbaru – Setelah melaksanakan operasi jantung yang pertama beberapa waktu lalu, RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau untuk kedua kalinya melaksanakan operasi jantung. Berbeda dengan operasi sebelumnya yang hanya 1 orang, kali ini langsung 3 pasien dengan 2 kasus jantung koroner (bypass) dan 1 kasus dengan lubang pada serambi jantung. Hal ini menandakan bahwa kepercayaan masyarakat terhadap Rumah Sakit Umum milik Pemerintah Provinsi Riau semakin meningkat.

     Kesuksesan operasi jantung ini tidak lepas dari peran penting tim jantung terpadu RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau yang diketuai oleh dr. Dyah Siswanti E, Sp.JP(K)-FIHA dan bekerja sama dengan Rumah Sakit Pusat Jantung Nasional Harapan Kita Jakarta. Tim jantung terpadu memastikan operasi jantung berjalan dengan baik dimulai dari persiapan pra operasi, intra operasi, pasca operasi, fase penyembuhan hingga pasien pulih kembali. 

     Kemudian yang tidak kalah pentingnya adalah peran dr. Hariadi Hatta, Sp.BTKV, yang merupakan dokter spesialis bedah jantung RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau sebagai operator pada operasi ini. Saat operasi berlangsung, beliau didampingi tim bedah jantung RS Pusat Jantung Nasional Harapan Kita yaitu dr. Dicky Aligheri, Sp.BTKV dan dr. Ni Luh Kusuma Dewi, Sp.An.

     Operasi jantung ke-2 ini berlangsung selama 2 hari, dimulai hari Sabtu tanggal 18 November 2017 hingga Minggu 19 November 2017. Hari pertama, dilakukan operasi pasien dengan kasus jantung koroner yang dimulai pada pukul 09.00 pagi hingga pukul 12.00 siang. Kemudian dilanjutkan dengan operasi pasien kedua dengan kasus lubang pada serambi jantung yang dimulai pukul 16.00 sore hingga pukul 18.15 sore dan hari berikutnya, dilakukan operasi pasien ketiga dengan kasus jantung koroner yang dimulai pada pukul 09.00 pagi hingga pukul 13.00 siang.

      Saat ini kondisi dari ketiga pasien pasca operasi jantung mulai membaik dan telah diperbolehkan pulang kerumah. Untuk pemulihan, ketiga pasien telah dijadwalkan rawat jalan guna kontrol kesehatan agar cepat pulih seperti sedia kala.


“Jagalah kesehatan jantung anda karena jika anda sehat, kita sehat, masyarakat sehat, maka Indonesia kuat”