close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

SEKARANG, PENDERITA PENYAKIT GAGAL GINJAL TIDAK PERLU MELAKUKAN HAEMODIALISA BERULANG KALI

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-3678
Jum'at, 02 Feb 2018

     Setelah berhasil melakukan operasi jantung terbuka beberapa waktu lalu, RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau kembali mengembangkan sayapnya dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sebagai pusat pelayanan CAPD (Continuous Ambulatory Peritoneal Dialysis) di Provinsi Riau. Penetapan ini dilakukan saat sumposium dan workshop Diabetic Foot Curent Diagnostic and Treatment yang diadakan oleh Ahli Bedah Indonesia cabang Riau yang diketuai oleh dr. Darmoen S Prawira, Sp.B di Gedung Bedah Sentral Terpadu RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau Sabtu, 20 Januari 2018.

     Symposium dan workshop Diabetic Foot Curent Diagnostic and Treatment ini langsung dibuka oleh Direktur RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dr. H. Nuzelly Husnedi, MARS dengan peserta dokter – dokter bedah yang ada di Kabupaten Kota di Provinsi Riau. Dalam pembukaannya Direktur mengatakan “Semoga kedepannya CAPD dapat menjadi salah satu layanan unggulan yang ada di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau, tapi yang terpenting adalah RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau siap memfasilitasi segala macam perkembangan keilmuan dan mendukung rumah sakit di Kabupaten dan Kota supaya bisa berkembang bersama”.

     Dalam kesempatan itu, dr. Darmoen S Prawira, Sp.B menuturkan “CAPD adalah sebuah metodologi menggunakan cairan dimana memungkinkan para penderita gagal ginjal dapat menggunakannya dirumah sehingga apabila dilakukan dengan benar maka mereka tidak perlu secara rutin melakukan Haemodialisa di Rumah Sakit”.


Image title
PEMASANGAN CAPD : Ketua Panitia sumposium, dr. Kisman Harahap, Sp.B (Tengah kacamata) membimbing para peserta melakukan pemasangan CAPD kepada salah satu pasien penderita gagal ginjal.