close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Stand Pameran Balitbang Provinsi Riau Meriahkan RAKERKESDA

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-3706
Selasa, 13 Feb 2018

Pekanbaru. Badan Penelitian dan Pengembangan Prov. Riau ikut serta memeriahkan acara Pra Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Provinsi Riau Tahun 2018  dengan membuka stand pameran di Hotel Pangeran, Jl. Sudirman  Selasa (6/2), acara ini digelar selama 3 hari mulai dari tanggal 6 s.d. 8 februari 2018.

Acara dibuka oleh Gubri H. Arsyadjuliandi Rachman, dihadiri oleh 300 peserta  dengan tema "Pencapaian Standar Pelayanan Mutu Kesehatan Melalui Pendekatan Keluarga Sehat dan Universitas Health Coverage Menuju Riau Sehat".

Ka. Balitbang  Arbaini mengatakan tujuan kita ikut serta dalam pameran ini untuk mempromosikan berbagai produk2 hilir olahan sagu yang telah dilakukan oleh Balitbang Provinsi Riau seperti mi sagu, beras sagu, mi instan, gula sagu, tepung sagu, dan Produk sagu lain Kepada Instansi yang bergerak dalam bidang kesehatan.

Selain dapat diolah menjadi sumber pangan, sagu juga bisa dijadikan bahan baku industri karena memiliki sumber karbohidrat yang lebih baik dari beras,'' hanya saja, tingkat pengenalan sagu sebagai pengganti pangan oleh masyarakat masih belum maksimal, mudah-mudahan dengan kegiatan ini sagu lebih luas dikenal publik dan dapat menunjang peningkatan kesejahteraan masyarakat, ujarnya.

Pada tahun 2017 yang lalu Balitbang juga telah mengadakan lomba masak olahan sagu seperti  nasi goreng sagu, yang diikuti oleh  pelaku usaha (hotel) dan UMKM. Hotel Pangeran salah satu peserta yang mendapatkan juara III, saat ini salah satu menu breakfast nya ada nasi goreng sagu, demikian informasi yang kami terima. Keseriusan kita dituntut untuk mengangkat makanan tradisional Sagu yang merupakan  salah satu makanan khas Riau untuk menjadi primadona, tutupnya.

Peneliti Balibang Prov. Riau  DR. Ir. Heryudarini Harahap, M.Kes menjelaskan bahwa beras sagu mempunyai Indeks Glikemik yang rendah. Indeks Glikemik adalah angka yang menunjukkan seberapa cepat karbohidrat suatu bahan diubah menjadi gula di dalam darah. Semakin tinggi IG, perubahan karbohidrat (pati) menjadi gula semakin cepat. sehingga cocok bagi pengidap diabetes.

[::MEDIA CENTER BALITBANG RIAU::]