close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Menristekdikti Launching HAKTEKNAS Ke-23 Di Provinsi Riau

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-3708
Selasa, 13 Feb 2018

Launching  Hakteknas ke 23 th 2018 sabtu malam 10/2  diresmikan oleh Menteri Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti) Muhamad Nasir  bersama Gubri H. Arsyadjuliandi Rachman , wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim , Sekjen  Kemenristekdikti  Ainun Naim, Ditjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti Jumain Appe ditandai dengan menabuh kompang dengan meriah, bertempat di Gedung Daerah Balai Serindit  Jl. Diponegoro Pekanbaru. 

Dalam sambutannya Menristekdikti  mengatakan Prov.Riau dipilih sebagai tuan rumah karena telah sukses dalam mengembangkan Sistim Inovasi Daerah (SIDa) dengan menjadi salah satu penerima penghargaan Budhipura dari Kemenristekdikti tahun 2017 di Makasar.

Dan Riau merupakan salah satu  lumbung enegi nasional dan penyangga utama kebutuhan pangan di Pulau Sumatera. Khususnya sektor pertanian dan perkebunan. Hal ini sesuai dengan  tema  Hakteknas ke-23 tahun ini yakni, inovasi untuk kemandirian pangan dan energi, ungkapnya  lebih lanjut dikatakannya, Prov.Riau  yang telah mendapatkan alokasi pembangunan Science Techno Park (STP) dari Kemenristekdikti  sebuah kawasan yang dibangun untuk meningkatkan perekonomian di daerah, melalui pengembangan kewirausahaan, pusat inkubasi bisnis yang mampu melahirkan industri baru, berbasis teknologi dan perusahaan pemula yang berbasis teknologi. Juga ada STP Pelalawan, yang dikembangkan Pemda bersama BPP,  harus mampu melakukan inovasi dan riset untuk menciptakan hal-hal baru demi kemajuan serta kesejahteraan masyarakat,

Gubernur Riau   menyampaikan suatu penghargaan yang luar biasa  pada Prov.Riau dan masyarakat Riau atas kedatangan Bapak Kemenristekdikti untuk melaunching Hakteknas ke 23, dan ucapan terimakah karena  Riau menjadi Prov. Pertama  di pulau Sumatera yang menjadi tuan rumah  Hakteknas 2018 dan Prov Riau siap mendukung pelaksanaan Hakteknas 2018.
Tema Hakteknas ke 23  sangat relevan  dan strategis untuk  Prov.Riau dengan sumberdaya yang ada dan pengalaman yang ada , Pemerintah Provinsi Riau akan terus berinovasi dalam berbagai sektor, khususnya pangan. Dimana saat ini Pemprov sedang berusaha mengembangkan sagu sebagai salah satu makanan pokok masyarakat Riau, ujarnya
Gubernur menambahkan bahwa pengembangan riset dan inovasi di Provinsi Riau akan dilakukan di science techno park (STP) yang dibangun Kemenristekdikti di Pasir Putih Kab. Kampar dan minta sekaligus Bapak Menteri untuk meresmikan, tutupnya.

Ketua umum pelaksanaan Hakteknas ke 23 Jumain Appe  dalam laporannya mengatakan rangkaian kegiatan Hakteknas ke 23 di Riau antara lain: Bakti Teknologi, Pameran Inovasi Daerah, Lomba /Apresiasi Anugerah Inovasi Nasional,Lomba Krenova Daerah, kegiatan ilmiah dan acara hari puncak pada tanggal 10 Agustus 2018. 
Acara launching diihadiri lebih kurang  1500 undangan.

[::MEDIA CENTER BALITBANG RIAU::]