close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Kunjungan Komisi IV DPRD Kab. Inhu Ke Dinsos Provinsi Riau Terkait Bantuan Korban Bencana Alam

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-3713
Rabu, 14 Feb 2018

Pekanbaru, Dinsos-MC. Dinas Sosial Provinsi Riau menerima kunjungan DPRD Kabupaten Indragiri Hulu sebanyak 11 orang yang terdiri dari Ketua Komisi IV Sugeng Riono dan anggota DPRD pada Rabu (07/02/2018) di Ruang Rapat Lantai II Dinas Sosial Provinsi Riau. Kunjungan diterima oleh Kadis Sosial H. Dahrius Husin beserta pejabat Eselon III dan IV dengan agenda membahas “Konsultasi tentang Bantuan Korban Bencana Alam dan Kebakaran”.

Dalam pertemuan tersebut Kadis Sosial menjelaskan tentang tugas pokok dan fungsi Dinas Sosial secara umum serta penyaluran Bantuan Sosial selama tahun 2017 khususnya untuk Kabupaten Indragiri Hulu. Sementara itu Ketua Komisi IV DPRD Indragiri Hulu mengatakan bahwa kedatangannya selain untuk silaturrahmi dan sharing pendapat serta menanyakan beberapa hal mengenai bantuan untuk korban bencana yang akhir-akhir ini sering terjadi seperti kebakaran, dll serta “bagaimana pengajuan proposal untuk penanganan bencana yang terjadi dan apakah daerah boleh menganggarkan pada APBD untuk memberikan bantuan bencana pada masyarakat walaupun sudah ada anggaran dari Kemensos” ungkap beliau.

Menanggapi pertanyaan dari DPRD Komisi IV Indragiri Hulu, Kadis Sosial mengatakan bahwa untuk mengajukan bantuan bencana, bisa dengan cara membuat proposal yang dilengkapi jumlah korban dan dokumentasi kemudian diajukan ke Kemensos. Dinsos Provinsi  juga telah membuat Kampung Siaga Bencana sehingga apabila terjadi bencana sudah bisa cepat diantisipasi. Sedangkan untuk masalah penganggaran “Kabupaten boleh saja membuat anggaran APBD untuk korban bencana alam misalnya Mie Instant, dll. Contohnya seperti Bengkalis, ketika kemarin terjadi puting beliung mereka juga turut memberikan bantuan kepada masyarakat dari anggaran APBD mereka sendiri” ujar Kadis Sosial Provinsi Riau.

Rangkaian acara Kunjungan Kerja diakhiri dengan pemberian plakat oleh Kepala Dinas kepada Ketua DPRD Komisi IV Indragiri Hulu, Kadis berharap dengan adanya pertemuan ini dapat terjalinnya kerjasama yang baik antara anggota DPRD sebagai perwakilan masyarakat Inhu dengan Dinsos Provinsi sehingga semua permasalahan kesejahteraan sosial dapat diminimalisir.