close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Pembinaan Pengelolaan Bum Desa Se Provinsi Riau Di Kabupaten Rokan Hulu Tahun 2018

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-3801
Selasa, 27 Mar 2018

Peningkatan kapasitas pengurus  pada hakekatnya merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan pengurus Bum Desa dalam penyelenggaraan tata kelola Bum Desa untuk mewujudkan pengurus yang profesional, efisien dan efektif, terbuka serta bertanggungjawab. Peningkatan kualitas dan pengembangan wawasan terhadap Bum Desa bagi pengurus Bum Desa akan berhasil diwujudkan apabila pengetahuan, sikap positif dan keterampilan para penyelenggaranya ditingkatkan dengan berbagai pendidikan dan pelatihan serta bimbingan teknis yang dilakukan secara terencana, terarah dan berkesinambungan.

untuk mencapai tujuan tersebut diatas, Pemerintah Provinsi Riau telah melaksanakan berbagai kebijakan diantaranya  melaksanakan pembinaan dan pengawasan Bum Desa se Provinsi Riau. Beberapa waktu yang lalu juga telah dilaksanakan pembinaan pengelolaan Bum Desa di Kab. Indragiri Hilir dengan menghadirkan narasumber dari OJK, para praktisi dan akademisi untuk memberikan penguatan bagi pengurus dan aparatur terkait.

Saat ini jumlah Bum Desa yang terdata melalui Dinas PMD Provinsi Riau sebanyak 819 Bum Desa dari 1.592 desa yang ada. Bum Desa yang masuk dalam kategori Bum Desa prioritas sebanyak 193  Bum Desa dengan shu tertinggi mencapai Rp. 694.972.373 yaitu Bum Desa Amanah Sejahtera Desa Sungai Buluh Kabupaten Kuantan Singingi.  

Sebagaimana kita ketahui bersama, kabupaten Rokan Hulu merupakan Kabupaten yang dijadikan barometer di Provinsi Riau dalam pengembangan Bum Desa. Berdasarkan laporan yang di terima dari 153 desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Rokan Hulu sampai saat ini sudah terbentuk keseluruhannya terdapat 147 Bum Desa dan 6 Badan Usaha Ekonomi Kelurahan (BUEK). Dengan berbagai jenis unit usaha seperti unit simpan pinjam, unit perkeriditan barang, unit pasar, unit saprodi,. unit loket pln/ online, unit gas lpg, unit depot air isi ulang/ galon,  unit pengelolaan kebun desa dan lain lain. kami berharap kedepan unit unit lain juga berkembang dengan baik.