close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Pelatihan Aparatur Pemerintah Desa Dalam Bidang Manajemen Pemerintahan Desa Tahun 2018 Di Kabupaten Indragiri Hilir(Rayon III)

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-3867
Kamis, 12 Apr 2018

Stelah sebelumnya diadakan di Kab. Bengkalis (Rayon II) untuk selanjutnya kegiatan Pelatihan Aparatur Pemerintah Desa Dalam Bidang Manajemen Pemerintahan Desa Tahun 2018 tahun ini diadakan di Kab. Indragiri Hilir. Adapun kegiatan ini sudah memasuki Rayon III yang terdiri 2 (dua) angkatan yang dimulai dari tanggal 11 s/d 17 April 2018.

Maksud pelatihan ini yaitu, dalam rangka meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan Aparatur Desa dalam hal ini Kepala Desa dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya agar dapat berdayaguna dan berhasil guna dan tujuan dari pelatihan ini antara lain:

  • Meningkatkan Kapasitas Aparatur Desa dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa menuju Clean and Good Governance;

  • Mewujudkan Pelayanan Public Service yang Transparan, akuntabel dan berorientasi kepada masyarakat;

  • Menciptakan Aparatur Desa yang handal, terpecaya dan professional.

Pelatihan ini menggunakan pendekatan andragogi partisipatori atau pelatihan partisipatif bagi orang dewasa. Pelatihan ini mengarah pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan  Instruktur (pelatih). Oleh karena itu, proses pelatihan ini dilakukan secara partisipatif. Pelatihan ini didukung oleh metode belajar dan media belajar yang variatif agar tercipta suasana yang nyaman sehingga peserta dapat menerima dengan baik setiap materi pembelajaran.

Pelatihan ini dilaksanakan dalam 3 rayon, yaitu:

  • Rayon I dilaksanakan pada tanggal 19 s/d 25 April 2018, dipusatkan di Pekanbaru, yang terdiri dari peserta Kabupaten Kampar, Pelalawan, Rokan Hulu, Kuantan Singingi dan Siak, dengan pelaksanaan 2 (dua) Angkatan dan per Angkatan terdiri dari 5 kelas.

  • Rayon II dilaksanakan pada tanggal 1 s/d 7 April 2018, dipusatkan di Duri, yang terdiri dari peserta Kabupaten Bengkalis, Kepulauan Meranti dan Rokan Hilir dengan pelaksanaan 2 (dua) Angkatan dan per Angkatan terdiri dari 4 kelas.

  • Rayon III dilaksanakan pada tanggal 11 s/d 17 April 2018, dipusatkan di Tembilahan, yang terdiri dari peserta Kabupaten Indragiri Hilir dan Indragiri Hulu dengan pelaksanaan 2 (dua) Angkatan dan per Angkatan terdiri dari 2 kelas.

Untuk peserta pelatihan terdiri dari:

  • Rayon I, terdiri dari peserta Kabupaten Kampar : 164 orang (Kepala Desa), Kabupaten Pelalawan : 36 orang (Kepala Desa), Kabupaten Rokan Hulu : 70 orang (Kepala Desa), Kabupaten Kuantan Singingi : 68 orang (Kepala Desa) dan Kabupaten Siak : 33 orang (Kepala Desa).

  • Rayon II, terdiri dari peserta Kabupaten Bengkalis : 136 orang (Kepala Desa), Kabupaten Kepulauan Meranti : 96 orang (Kepala Desa) dan Kabupaten Rokan Hilir : 98 orang (Kepala Desa).

  • Rayon III, terdiri dari peserta Kabupaten Indragiri Hilir : 137 orang (Kepala Desa) dan Indragiri Hulu : 53 orang (Kepala Desa).

  • Narasumber pada pelatihan ini yaitu:

  • 1.    Anggota DPRD Provinsi Riau, dengan Materi Bahasan “Implementasi 4 (empat) Pilar Kebangsaan sebagai landasan nilai-nilai bermasyarakat, berbangsa dan bernegara”

  • 2.    Bupati atau Kadis PMD Kabupaten pada pelaksanaan Rayon II dan III, dengan Materi Bahasan “Program Strategis Kabupaten dalam Percepatan Pembangunan Desa”

  • 3.    Kepala Balai Latihan Masyarakat Pekanbaru  Kemendesa, PDTT pada pelaksanaan Rayon I, dengan materi “Program Strategis Balatmas dalam Percepatan Pembangunan Desa di Provinsi Riau”