close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Kunjungan Pemprov Papua Ke Riau

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-3868
Kamis, 12 Apr 2018

PEMPROV PAPUA TERKESIMA

MELIHAT KEMAJUAN PANGAN  SAGU DI RIAU

Pemerintah Provinsi Papua terkesima melihat pemanfatan dan kemajuan pengelolaan sagu di Riau yang dapat dijadikan dalam berbagai jenis makanan siap saji maupun olahan yang banyak masyarakat  Riau, maupun para pendatang dan wisatawan domestik sebagai oleh-oleh makanan khas Riau untuk dibawa keluar ke luar Provinsi Riau. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Riau Ir. Darmansyah, saat menerima kunjungan kerja Pemerintah Provinsi Papua sebanyak 52 orang yang dipimpin Kepala Balibangda Provinsi Papua Ir.Oma Laduani Ladamai, M.Si dalam suatu jamuan makan malam bersama di Pekanbaru, selasa (10/4).

Pada Pertemuan tersebut, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Riau Ir. Darmansyah yang didamping Kepala Bidang Konsumsi Konsumsi dan Penganekaragaman Suryani, SP.M.Si dan Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan Ir. Fetri Yenni, M.Si serta Kasubbag Keuangan dan Perlengkapan Ir. Jonimus menjelaskan secara detail tentang keberadaan sagu di Riau sebagai salah satu daerah penghasil sagu di Indonesia mulai dari potensi, budidaya, pengolahan hingga dalam bidang pemasaran.

Dikatakannya, keberhasilan Riau dalam pemanfaatan sagu ini antara lain dapat dilihat telah berhasilnya Provinsi Riau meraih Rekor Muri pada tahun 2015 dengan menampilkan sebanyak 369 aneka masakan dengan bahan bakunya berasal dari sagu. Selain itu, Gubernur Riau Asyadjuliandi Rachman saat menghadiri pelaksanaan Lomba Cipta Menu (LCM) Tingkat Provinsi Riau tanggal 8 Agustus 2017 di Pekanbaru, telah pula mendeklarasikan ”Riau Provinsi Sagu dan sagu Riau Menyapa Dunia”.

”Adanya perhatian dan dukungan dari Pemerintah Provinsi Riau bersama masyarakat pengolahan aneka pangan sagu ini, semakin termotivasinya kita untuk lebih meningkatkan dalam pengelolaan dan pemanfatan sagu Riau dimasa datang”, kata Darmanyah.

Lebih lanjut Darmansyah mengatakan, dukungan yang sama juga dapat dilihat dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti sebagai daerah penghasil sagu terbesar di Riau, antara lain telah memperkarsai pembentukan Forum Komunkasi Kabupaten Penghasil Sagu Indonesia pada awal April 2018 yang dilaksanakan di Sekretariat Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI)  Jakarta. Forum ini merupakan bagian dari APKASI sebagai media untuk memperjuangkan sagu sebagai salah satu pangan alternatif komoditas nasional di Kementerian Pertanian.   

Saat ini minat masyarakat Riau untuk menkonsumsi pangan berbasis sagu semakin meningkat baik dalam bentuk makanan siap saji, maupun dalam berbagai bentuk pangan sagu olahan lainnya, bahkan  telah pula menjadikannya sebagai salah satu menu faporit yang dapat dinikmati dalam bentuk  mie sagu goreng , sempolet  maupun cendol sagu dicafe dan restauran. Aneka pangan sagu olahan ini  telah pula dijadikan sebagai oleh-oleh bagi pendatang dan wisatawan domestik yang berkunjung ke Riau yang banyak tersedia pada Aoutlet maupun di Bandara Sultan Syarif Qasyim II Pekanbaru .

Pada pertemuan  tersebut ketua rombongan Kepala Balitbangda Provinsi Papua Ir.Oma Laduani Ladamai, M.Si mengatakan, kunjungan Pemerintah Provinsi Papua ke Riau ini antara lain bertujuan sebagai ajang silahturahmi sebagai daerah sama-sama penghasil sagu. Selain itu sebagai bentuk pembelajaran dan mencontoh Provinsi Riau dalam pemanfatan dan pengelolaan aneka pangan lokal yang berbasis sagu, serta besarnya tekad dan semangat Pemerintah Provinsi Riau dalam mempromosikan pangan lokal sagu ini hingga tingkat nasional maupun internasional, baik yang dilaksanakan melalui berbagai event pemeran pangan lokal khas daerah, mapun dalam mengikuti  pertemuan dan seminar tentang pangan lokal spesifik daerah.

Seusai melakukan jamuan makan malam, keesok harinya rombongan Pemeritah Provinsi Papua mengunjungi Kabupaten Kepulauan Meranti. Dalam kunjungan tersebut, rombongan akan melihat pabrik-pabrik pengolahan tepung sagu dan kelompok pengolahan pangan sagu dan UKM yang sudah berkembang di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Berita lainnya tentang Dinas Ketahanan Pangan dapat dilihat di   https://diskepang.riau.go.id/berita/dberita/kunjungan-pemprov-papua-ke-riau