close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Tingkatkan UCI, Dinkes Lakukan Upaya Peningkatan Kapasitas Pengelola Data Imunisasi

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-3879
Rabu, 18 Apr 2018

Untuk mengetahui capaian cakupan imunisasi serta kualitas data di Provinsi Riau, Dinas Kesehatan Provinsi Riau mengadakan pertemuan Peningkatan Kapasitas Pengelola Data Tingkat Provinsi Riau Tahun 2018 di Hotel Grand Suka Pekanbaru yang diadakan pada tanggal 9-11 April 2018.

            Beberapa macam kegiatan validasi sudah dilakukan secara berkala dalam program imunisasi yaitu data sekunder yang berupa angka cakupan yang dikumpulkan dari puskesmas dan data primer yang didapat melalui survei cakupan yang bertujuan untuk mengetahui tingkat cakupan imunisasi dan informasi tentang distribusi umur saat diimunisasi, mutu pencatatan dan pelaporan, serta sebab kegagalan imunisasi dan tempat memperoleh imunisasi.

            Pertemuan ini diikuti oleh peserta dari seluruh Kab/Kota di Provinsi Riau yaitu Kepala Bidang atau Kepala Seksi yang membawahi program imunisasi dan pengelola program imunisasi Kab?Kota yang berjumlah 24 orang.

            M.Ridwan, SKM, M.Kes selaku Kabid P2P tampak menghadiri dan membuka acara mewakili Kadinkes Provinsi Riau. Dalam pembukaannya Ridwan mengajak peserta pertemuan untuk menyamakan persepsi untuk manyamakan persepsi mengenai data imunisasi, yakni mengacu pada data dari pusdatin Kemenkes RI, agar data tersebut mempunyai tingkat validitas yang sama.

            Untuk diketahui bersama, data UCI (Universal Child Immunization) Provinsi Riau tahun 2017 belum mencapai standar minimal yaitu hanya mencapai 65,9% dari target 88%. Dari 1871 desa di Provinsi Riau, masih terdapat 645 desa lagi yang belum mencapai UCI desa/kelurahan.

“Agar capaian imunisasi tercapai, diharapkan dukungan dan partisipasi dari lintas sektor dan lintas program untuk mensukseskan program ini. Bahkan, Dinkes juga telah mengadakan dialog interaktif dengan Ustad. Abdul Somad untuk penguatan program imunisasi,” ujar Ridwan.

 

Dalam pertemuan ini, Dinas Kesehatan Provinsi telah memberikan reward kepada Dinkes Kab. Rohul, Dinkes Kab. Rohil, Dinkes Kab. Siak, dan Dinkes Kab. Kampar sebagai bentuk apresiasi atas ketepatan dan kecepatan pemberian laporan imunisasi.