close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Plh Disdik Riau Membuka OSN SMP Tingkat Provinsi Riau Tahun 2018

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-3881
Rabu, 18 Apr 2018

OSN SMP tahun 2018 merupakan salah satu wadah bagi siswa untuk mengimplementasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan menjadi wahana kompetisi bagi siswa di bidang Sains. Dan untuk mewujudkan itu semua maka Dinas Pendidikan Provinsi Riau menyelenggarakan kegiatan Olimpiade Sains Nasional SMP tahun 2018 di Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru.

Pelaksanaan OSN SMP tahun 2018 di ikuti oleh 108 orang  peserta yang merupakan pemenang lomba OSN SMP tingkat Kabupaten/Kota se Provinsi Riau, dan terdiri dari 36 orang dari Bidang Studi IPA, 36 orang Bidang Studi IPS, 36 orang Bidang Studi Matematika serta 12 orang Ketua Tim.

Acarab yang langsung dibuka oleh Plh Disdik Riau, Indra Agus L, beserta para pejabat Eselon III – IV di lingkungan Disdik Riau. Dan Disdik Riau juga menghadirkan Narasumber, Dewan Juri yang telah ahli dalam bidangnya.

Dalam sambutanya, Indra Agus L, menyampaikan bahwa di abad 21 yang semakin kompleks ini anak-anak Indonesia harus tumbuh dengan karakter modern. Penguasaan Sains dan Teknologi yang mutlak harus dikejar oleh bangsa ini.

“ Khususnya untuk generasi muda, kedepanya anak-anak di Riau harus mempunyai karakter yang ideal dalam menyongsong masa depan. Intergritas, kejujuran dalam sains dujunjung tinggi seorang scientis harus menjaga kemurnian, otensitas, dan kejujuran,” Kata Indra dalam memberikan sambutan.

OSN SMP tingkat Provinsi Riau ini diselenggarakan untuk memotivasi para peserta didik, guru, pengelola, dan pembina pendidikan untuk berkompetisi secara sehat dengan mengedepankan sportivitas guru untuk mencapai peserta terbaik, sekaligus meningkatkan kualitas pendidikan di daerah masing-masing.

“ Maka untuk itu OSN SMP ini merupakan salah satu wadah yang strategis untuk merealisasikan paradigma pendidikan,” ucapnya

“ Oleh sebab itu, pelaksanaan OSN secara berkelanjutan akan berdampak positif pada peningkatan kualitas pendidikan dan pembelajaran sehingga jadi lebih kreatif dan lebih memberikan pembinaan kepada siswa sesuai dengan bidang ke ilmuanya yang disukai siswa,” tutupnya.

Agar OSN SMP tahun 2018 berjalan dengan baik sesuai prosedur, dan mencapai target yang diinginkan, serta memudahkan dalam pelaksanaan kegiatan, maka Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama mengeluarkan Buku Petunjuk Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional Sekolah Menengah Pertama Tahun 2018.