close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Orientasi Bidan ANC, Demi Tingkatkan Pelayanan Persalinan Di Fasilitas Kesehatan Sesuai Standar

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-3884
Rabu, 18 Apr 2018

Masih tingginya Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia merupakan suatu masalah yang perlu mendapat perhatian besar dari berbagai pihak. Secara konseptual telah diperkenalkan penyebabnya yaitu sebab langsung, dan sebab tidak langsung dari tingginya AKI tersebut.

Untuk mencapai target penurunan AKI dan AKB maka digunakan  pendekatan MPS (Making Pregnancy Safer) dengan 3 pesan kunci (1) setiap persalinan ditolong oleh nakes, (2) setiap komplikasi obstetri dan neonatal mendapat pelayanan yang adekuat, (3) setiap wanita usia subur mempunyai akses terhadap pencegahan KTD dan penanganan komplikasi keguguran. Salah satu upaya untuk menurunkan angka kematian ibu yaitu peningkatan kemampuan manajerial pengelola program di kabupaten kota baik melalui peningkatan pengetahuan tentang kebijakan program terbaru termasuk dalam menganalisa situasi yang ada di daerah dan mampu melakukan rujukan dengan segera dalam pelayanan manual maternal neonatal.

Melihat hal tersebut, Dinas Kesehatan Provinsi Riau adakan Orientasi Bidan ANC , bertempat di Hotel Mutiara Merdeka, Selasa (27/03/2018). Kegiatan ini diikuti bidan koordinator dan pengelola KIA dan bidan koordinator seluruh dari wilayah Puskesmas serta tim pengkaji AMP.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Dra. Hj. Mimi Yuliani Nazir, Apt, MM saat kata sambutannya mengatakan “Bidan yang sudah mengikuti pelatihan agar mampu menerapkan ANC pada ibu hamil, penanganan persalinan, dan perawatan persalinan. Dan dilakukan rencana tindak lanjut pasca pelatihan di daerah kerjanya masing-masing”.

“Kegiatan ini juga dilaksanakan bertujuan untuk mensosialisasikan manual rujukan maternal neonatal dan mengindentifikasi masalah dan hambatan dalam pelaksanaan kegiatan manual rujukan maternal dan neonatal sesuai dengan standar,” tambahnya.