close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Pendidikan Parenting PKPLK Tahun 2018

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-3903
Senin, 23 Apr 2018

Keluarga adalah lingkungan pendidikan yang pertama dan utama . Peran keluarga dalam pendidikan bagi anak, tidak dapat tergantikan sekalipun anak telah di didik di lembaga pendidikan formal maupun informal. Keluarga sebagai unit sosial terkecil dimasyarakat yang terbentuk atas dasar komitmen untuk mewujudkan fungsi keluarga khususnya fungsi sosial dan fungsi pendidikan harus benar-benar doi optimalkan sebagai mita lembaga pendidikan.

Dalam hal itu Dinas Pendidikan Provinsi Riau kembali merasa perlu menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pendidikan Parenting Bagi Masyarakat melalui bidang Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus (PK-PLK) yang berlansung di Hotel New Hollywood Pekanbaru.

Kegiatan sosialisasi ini melibatkan narasumber berasal dari pusat serta intsruktur yang kompeten dibidangnya. Sosilisasi ini bertujuan untuk memberikan pendidikan parenting bagi masryarakat serta orang tua dan pihak yang terlibat, memberikan pemahaman tentang peran pendampingan anak baik di luar maupun dalam kelas, serta memberikan pengetahuan keterampilan bagi orang tua dalam melaksanakan perawatan pengasuhan, dan pendidikan anak didalam keluarga sendiri yang mempunyai karakter.

Sambutan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi yang Lansung diwakili oleh Plh Disdik Riau, Indra Agus L, menyampaikan bahwa sosialisasi ini diharapkan dapat menyadari bahwa orang tua adalah mitra sejati bagi guru. Keluarga sebagai unit sosial terkecil dimasyarakat yang terbentuk atas dasar komitmen untuk mewujudkan fungsi keluarga khususnya fungsi sosial dan fungsi pendidikan harus benar-benar di optimalkan sebagai mitra lembaga pendidikan.

“ Bagaimana anak-anak kita melihat keharmonisan keluarganya, sehingga menjadi suatu keuntungan yang menjamin kenyamanan kelaksanaan anak-anak kita dalam menikmati Pendidikan,” Ujarnya.

Sebagai orang tua tentunya tidak hanya berdiri di luar sekolah, seharusnya orang tua juga memiliki peran dalam mengamati proses pendidikan anak. Tentunya perlu kerja keras kedua belah pihak, jadi kita sangat mendukung kolaborasi yang aktif dan positif antara orang tua dan sekolah untuk mensukseskan program pendidikan yang berkembang disekolah.

“Terutama anak yang memerlukan kebutuhan khusus dan perhatian. Selanjutnya Indra menghimbau perlunya pendampingan dan komunikasi yang hangat serta merangkul karena dapat memberikan dan mengasah pola pikir anak agar memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, semoga dengan sosilisasi ini kita menjalankan tugas sebagai parenting untuk bisa meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan,” tutupnya.