close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Konsultasi Anggota DPRD Kab. Bengkalis Ke Dinas Sosial Provinsi Riau

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-3919
Kamis, 26 Apr 2018

Pekanbaru. Dinsos-MC.  Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau H. Dahrius Husin terima Kunjungan Konsultasi Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis Hj. Aisyah beserta rombongan pada Jumat (20/04/18) bertempat di Gedung Batobo Dinas Sosial Provinsi Riau. Hj.Aisyah dalam sambutannya menyampaikan bahwa maksud kunjungan ke Dinas Sosial Provinsi Riau ini adalah dalam rangka silaturrahmi sekaligus  untuk mendapatkan masukan dan informasi serta penjelasan yang berkaitan tentang pendataan pembagian raskin.

Mengenai Raskin, Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau menjelaskan bahwa istilah tersebut sekarang menjadi rastra yang disalurkan  melalui berbagai program atau kegiatan seperti Program Keluarga Harapan (PKH). OPD pelaksana bantuan sosial  juga harus mengacu pada data BDT.

Dalam pertemuan ini, Kadis Sosial memberikan penjelasan secara singkat mengenai Penanganan Fakir Miskin di Provinsi Riau diantaranya basis data terpadu (BDT) Provinsi Riau Tahun 2017 (hasil rakor 24 Agustus 2017), Data Penerima Bansos/Subsidi, Data Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), Data Potensi & Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS), kemudian data tersebut yang diverifikasi dan divalidasi (verivali) oleh Pendamping atau TKSK untuk selanjutnya disetujui oleh perangkat daerah melalui BDT. Dari BDT inilah akan disebarkan seluruh program bantuan seperti PKH, Rastra, PBI-JK.

Dengan adanya pertemuan ini beliau juga berharap perlu adanya pelaksanan verifikasi dan validasi Data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin serta dukungan dari semua pihak terkait. Untuk Program Keluarga Harapan dan kedepannya permasalahan ini dapat dipecahkan melalui data yang akurat sehingga tidak merugikan masyarakat. Selanjutnya dibuatkan penetapan mengenai kriteria masyarakat miskin khusus untuk Provinsi Riau sehingga penerima bantuan sosial benar-benar tepat sasaran dalam rangka meningkat kesejahteraan masyarakat.