close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Kadis Sosial Buka Kegiatan Bimbingan Teknis Aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG)

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-3920
Kamis, 26 Apr 2018

Pekanbaru, Dinsos-MC. Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau membuka Bimbingan Teknis Aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG), di Grand Central Hotel, Selasa (24/04/2018). Kepala Pusat Data dan Informasi Kesejateraan Sosial Kementerian Sosial RI Said Mirza Pahlevi selaku pelaksana Bimtek SIKS-NG turut hadir memberi pengarahan dan pemaparan singkat reformasi pengelolaan data Kesejahteraan Sosial di Kementerian RI. Bimtek ini juga dihadiri Sekretaris Dinsos Prov Riau, Kepala Bidang, Kepala UPT PSBR Rumbai, Kepala Seksi dilingkungan Dinas Sosial Provinsi Riau dan Peserta Bimbingan Teknis Aplikasi SIKS-NG dari Kabupaten/Kota se Provinsi Riau.

Menurut Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau Drs. H. Dahrius Husin, MM, bimtek tersebut sangat penting untuk meningkatkan kualitas dalam pengelolaan data kemiskinan dan kesejahteraan sosial di Provinsi Riau sehingga bantuan yang diberikan tepat sasaran,"

Data kemiskinan di Indonesia mencapai 10,12 persen dan di Provinsi Riau 7,43 persen, data inilah yang harus kita verifikasi sehingga data yang menjadi acuan kita tervalidasi dengan baik. Dalam penanggulangan kemiskinan terutama dalam menyediakan data kemiskinan yang akurat, Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial Republik Indonesia sedang mengembangkan aplikasi SIKS dengan nomenklatur SIKS-NG secara online dan offline yang dapat diakses oleh Dinas Sosial Provinsi dan Kabupaten kota seluruh Indonesia.

Kementerian Sosial Republik Indonesia mulai tahun 2017 dipercayakan untuk melakukan validasi dan verifikasi data kemiskinan di Indonesia atau yang lebih dikenal Basis Data Terpadu atau BDT. Data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin yang bersumber dari data Pemutahiran Basis Data Terpadu tahun 2015 dan dikelola oleh Kelompok Kerja Pengelola Data Terpadu Penanganan Fakir Miskin. Upaya strategis untuk memberikan informasi yang luas kepada petugas pendataan tentang pembaruan Aplikasi SIKS-NG. 

Aplikasi ini memudahkan petugas entri data dalam memfilter data - data yang diperlukan sesuai dengan jenis Program perlindungan sosial dan dapat bekerja sama dalam mengentaskan kemiskinan di Provinsi Riau. Kepada peserta Bimtek untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan sampai selesai sehingga nantinya menjadi satu persepsi dan terhindar dari ketidaktepatan data, yang mengakibatkan kesalahpahaman data dan menjadi tidak valid. Dengan diselenggarakanya kegiatan ini semoga membawa hasil yang optimal dan bermanfaat untuk kesejahteraan sosial pada umumnya.