close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Dinsos Adakan Rapat Pembahasan Verivali Data PBI-JK

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-4000
Jum'at, 18 Mei 2018

Pekanbaru, Dinsos-MC. Dinsos Provinsi Riau melalui Seksi Jaminan Sosial Keluarga melaksanakan Rapat Pembahasan Verifikasi dan Validasi Data PBI-JK Provinsi Riau Tahun 2018 pada Selasa (15/05) di Aula Batobo, Pekanbaru. Peserta pada rapat ini dihadiri oleh perwakilan Dinas Sosial dari 12 Kabupaten/Kota. Kadis Sosial Dahrius Husin secara langsung membuka rapat dan didampingi oleh Narasumber dari deputi BPJS Kesehatan Sumbateg Jambi. Dalam sambutannya Kadis berharap agar petugas verifikasi dan validasi data benar-benar memperhatikan kondisi real dilapangan sehingga data tepat sasararan dan masyarakat kurang mampu juga dapat menikmati pelayanan kesehatan dari pemerintah, mengingat pentingnya data sebagai acuan kebijakan pemerintah dalam menangani masalah sosial. 

Sementara itu Kiki C. Marbun yang merupakan Asisten Deputi Wilayah Bid. Monev BPJS Pekanbaru dalam paparannya menerangkan secara umum alur pelayanan kesehatan, data PBI-JK per Kab/Kota serta laporan anggota BPJS dari tahun 2014 s/d sekarang. Beliau juga mengusulkan agar rekomendasi yang diberikan oleh Dinsos dilakukan secara selektif, apabila ada peserta yang tidak layak mohon dikeluarkan sehingga masyarakat yang benar-benar membutuhkan dapat menjadi anggota PBI-JK kemudian dapat diusulkan menjadi PBI APBD. Narasumber dari Dinas Kesehatan Yohanes juga turut menyampaikan agar seluruh data dapat terverifikasi dengan baik sehingga data masyarakat miskin dapat tercover seluruhnya.

Dengan adanya pertemuan rapat ini, Kadis Sosial juga berharap kita dapat meminimalisir angka kemiskinan dengan cara tetap melakukan pemberdayaan kepada masyarakat yang menerima bantuan sehingga kedepannya mereka bisa mandiri dan tidak terus mengharapkan bantuan dari pemerintah.