close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Libur Lebaran Baru Saja Berlalu Tapi Belum Sempat Piknik? Jangan Panik Dulu

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-4061
Sabtu, 23 Jun 2018

Sisa THR masih ada, kan? Ayo Ke Festival Bakar Tongkang di Bagansiapiapi, Riau pada 28-30 Juni 2018. Bakar Tongkang dalam bahasa Hokkian dijuluki sebagai Go Gek Cap Lak, yang menunjuk pada angka “5” dan “16”.

Angka “5” dan “16” berkait dengan waktu pelaksanaan festival. Setiap tahunnya festival dilaksanakan pada hari ke-16 bulan ke-5 dalam penanggalan tradisional Tiongkok. Festival Bakar Tongkang 2018, Bagansiapiapi, Riau akan dibuka sekaligus ditutup dengan Program sosial sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama. Program sosial berupa Bakti sosial even bakar tongkang digulirkan sebagai upaya untuk meingkatkan hegemoni Festival Bakar Tongkang 2018.


Bakar Tongkang ( Sumber : Youtube Channel Pariwisata Riau )

Agendanya digunakan sebagai pembuka dan penutup rangkaian even Festival Bakar Tongkang. “Bakti Sosial jadi cara terbaik sebagai tanda dimulainya Festival Bakar Tongkang,” ungkap Menpar Arief Yahya, Kamis (21/6).

"Digunakan sebagai pembuka dan penutup rangkaian even Festival Bakar Tongkang. “Bakti Sosial jadi cara terbaik sebagai tanda dimulainya Festival Bakar Tongkang,” ungkap Menpar Arief Yahya, Kamis (21/6).

Terbagi menjadi dua sesi, Bakti Sosial Event Bakar Tongkang 2018 kali pertama digulirkan 23-24 Juni. Agendanya Sunat Massal 500 anak-anak juga Pemeriksanaan Gigi & THT Gratis yang berlaku bagi 500 pasien.

Agenda Bakti sosial tersebut akan digelar di Perguruan Setia Budi, Jl. Merdeka, Bagansiapiapi. Mulai pukul 08.00 WIB hingga selesai. Menpar menambahkan, Festival Bakar Tongkang telah memberikan inspirasinya dengan beragam aksi sosial.

“Agenda pra-event ini sangat bagus, apalagi konsepnya sosial. Sebab, event ini harus dipanaskan sejak awal. Dengan konsep sosial, tentu akan memberikan inspirasi bagi publik. Apalagi, Festival Bakar Tongkang ini levelnya sudah dunia,” terang Menpar.

Selain pra-event, Bakti Sosial Event Bakar Tongkang 2018 juga akan menutup rangkaian festival. Digelar 1-3 Juli, program Operasi Katarak Gratis juga diberika bagi publik. Slot yang diberikan sekitar 200 mata.  

Progran sosial ini rencananya digelar di RSUD RSUD Pratomo, Bagansiapiapi, mulai pukul 09.00 WIB. Penyelenggara sejak Selasa (19/6) mulai melakukan pendataan masyarakat yang menderita katarak.

Pendataan para penderita katarak ini dilakukan di delapan wilayah di Bagansiapiapi. Teknis pendataan diantaranya melibatkan Puskesmas setempat. Daerahnya meliput Kecamatan Bagan Senembah, Bangko, Bangko Pusako, Pujud, dan Tanah Putih.

Slot yang diberikan sekitar 200 mata katarak. Wilayah pendataan juga merambah Kecamatan Sinaboi, Panipahan, dan Pulau Halang. Rangkaian agenda sosial ini melibatkan 60 tenaga medis, seperti dokter, perawat, admin, dan relawan.

Menpar Arief Tahya mengatakan, “Pesona Festival Bakar Tongkang ini memang sangat kuat. Kegembiraan lebih diberikan melalui ragam aksi sosial kesehatan”.

“Belum lagi, festival ini menyelipkan berbagai program peduli lainnya. Yang jelas, kami memberikan apresiasi atas pelaksanaan agenda Bakti Sosial Event Bakar Tongkang,” tambah Menpar Arief Yahya.

Ragkaian festival ini memang menyelipkan aksi peduli lain, yaitu pemberian sembako. Agenda ini pun dilakukan sepekan jelang kick off Festival Bakar Tongkang 2018.

Secara umum, Bakti Sosial Event Bakar Tongkang 2018 ini diinisiasi oleh Lions Club Bintang Mulia Bagan Batu Rokan Hilir, Lions Club Medan, serta Himpunan Persaudaraan Tionghua Rokan Hilir.

Menurut Presiden Lion Club Bintang Mulia Bagan Batu Rokan Hilir Siswaja Muljadi, pihaknya ingin Festival Bakar Tongkang 2018 menjadi lebih berwarna dan meriah dengan memilih program sunat massal, pemeriksanaan kesehatan, pengobatan katarak, juga pembagian sembako sengaja dipilih.

Pasalnya, agenda sosial tersebut bisa langsung menyentuh masyarakat. “Layanan ini diberikan terbaik karena melibatkan tenaga medis yang berkualitas,” kata Presiden Lion Club Bintang Mulia Bagan Batu Rokan Hilir Siswaja Muljadi.

Demi memberikan kemudahan akses informasi, publik bisa menghubungi beberapa nomor yang telah disiapkan.

Sebab, untuk mendapatkan fasilitas kesehatan gratis, masyarakat harus menunjukan kupon khusus dari Puskesmas di delapan daerah.


Untuk informasi selanjutnya, silahkan menghubungi Aman (085212033388), Karono Huang (085278239423), dan Nina Siahaan (082387678906).


Kunjungi Juga : Danau Janda Gatal Surganya Penghobi Mancing Mania di Kepenghuluan Bagan Jawa Pesisir Kecamatan Bangko Bagansiapiapi Rokan Hilir

------------------------------

Kami juga mengundang kalian untuk dapat bergabung bersama kami sebagai Pejuang Pariwisata Riau, caranya dengan bergabung ke GenPi.co dan Pilih Regional GenPi Riau, silahkan daftar di link dibawah ini :

http://www.genpi.co/member/signup

Ikuti Official Account Dinas Pariwisata Provinsi Riau.

Instagram : Pariwisata.Riau | GenPi.Riau

Youtube : youtube.com/c/PARIWISATARIAU

Twitter : @Disparriau

Path : Pariwisatariau

Facebook : Pariwisata Riau

Website  : pariwisata.riau.go.id


#ayokeriau

#riauthehomelandofmelayu

#riaumenyapadunia

#pesonaindonesia

#wonderfulindonesia

#indonesiaindah

#genpiriau