close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

KUBE Salah Satu Strategi Penanganan PMKS

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-4165
Senin, 06 Agu 2018

Pekanbaru, Dinsos-MC. KUBE merupakan salah satu strategi penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dengan pendekatan utama melalui pemberdayaan. Sasaran dari program ini PMKS potensial, artinya PMKS tersebut masih memungkinkanuntuk dikembangkan potensi diri dan lingkungannya.

Keberadaan pendamping sosial diangggap sebagai inspiratif, mitra kerja dan membantu memecahkan masalah bagi KUBE dan anggotanya, pendamping sosial yang baik harus memiliki integritas dan kapasitas. Dinas Sosial Provinsi Riau sebagai wadah untuk menjembatani masyarakat miskin dalam mengembangkan KUBE serta upaya menekan angka PMKS memberikan bimbingan dan pemantapan bagi pendamping KUBE Penanganan Fakir Miskin Perkotaan dan Perdesaan yang berlangsung selama tiga hari (1 s.d 3 Agustus 2018) bertempat di D’LIRA Hotel Pekanbaru. Acara yang dibuka langsung oleh Kadis Sosial Provinsi Riau Drs. H. Dahrius Husin, M.M ini di ikuti oleh 30 peserta, 16 orang pendamping KUBE Perkotaan yang berasal dari Dumai, Kab. Kampar, Inhu dan Pekanbaru serta 14 orang pendamping KUBE Perdesaan yang berasal dari Inhil, Pelalawan, Bengkalis dan Kuansing.

Dalam sambutannya Kadis Sosial menyambut baik dilaksanakannya kegiatan ini dengan harapan dapat menyegarkan kembali pengetahuan dan wawasan kita khususnya bagi Pendamping KUBE Fakir Miskin dalam melaksanakan tugas dan peranannya pada pelaksanaan pendampingan terhadap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) program Penanganan Fakir Miskin. Beliau menambahkan bahwa kehadiran pendamping sosial dalam pemberdayaan KUBE sangatlah penting mengingat anggota KUBE merupakan keluarga miskin yang memiliki keterbatasan pengetahuan, keterampilan dan aksesibilitas.