close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Dinsos Riau Laksanakan Bimtek TKSK Tahun 2018 Di Kab. Pelalawan

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-4408
Selasa, 25 Sep 2018

Pekanbaru, Dinsos MC. Dinsos Riau melalui Bidang Pemberdayaan Sosial melaksanakan Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) kepada TKSK 5 Kabupaten/ Kota. Kali ini Bimtek dilaksanakan pada Rabu (05/09/18) di Kompleks Perkantoran Bhakti Praja Jl. Karya Praja no. 51 Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan dan diikuti 62 peserta yang berasal dari Kab. Pelalawan, Kab. Siak, Kab. Kampar, Kab. Indragiri Hulu dan Pekanbaru. Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan para Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dalam menanggulangi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di Kabupaten/ Kota.

May Hendri, S.Sos, M.Si selaku Kadis Sosial Kab. Pelalawan mengucapkan selamat datang di Kab. Pelalawan dan sangat apresiasi dengan ditunjuknya Kab. Pelalawan sebagai tempat pelaksanaan Bimtek bagi TKSK tahun 2018.

Saat membuka Bimtek TKSK tahun 2018 Kadis Sosial Provinsi Riau H. Dahrius Husin menyampaikan bahwa Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) merupakan pilar sosial yang sangat diandalkan sebagai mitra kerja pemerintah yang memiliki tugas pokok bersama-sama dengan pemerintah, Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten/ Kota serta masyarakat lainnya dalam menyelenggarakan kesejahteraan sosial. Menurut beliau TKSK juga memiliki peranan yang sangat strategis sebagai motivator, koordinator dan penggerak penyelenggaraan kesejahteraan sosial di tingkat kecamatan, sekaligus sebagai perpanjangan tangan Kementerian Sosial dan Instansi Sosial Provinsi dan Kabupaten/ Kota. 

Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Riau Suratno, S.Sos, M.Si selaku Narasumber memaparkan kepada peserta Bimtek bahwa sebagai Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS), TKSK yang bergerak di bidang Usaha Kesejahteraan Sosial (UKS), perlu untuk selalu meningkatkan kualitas dan kapasitas diri maupun kelembagaan, sehingga pada gilirannya dapat melaksanakan penyelenggaraan kesejahteraan sosial secara lebih efektif dan efisien. Saat berdiskusi dengan peserta beliau menegaskan TKSK sebagai organisasi sosial diharapkan dapat bekerjasama dengan organisasi sosial lainnya dalam menyelesaikan permasalahan kesejahteraan sosial di masing-masing wilayah sesuai karakteristik yang ada, sekaligus menghasilkan rumusan, model maupun strategi penanganan permasalahan sosial ke depan.