close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Dinsos Riau Taja Bimtek PSM Di Kabupaten Siak

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-4412
Selasa, 25 Sep 2018

Siak, Dinsos MC. Permasalahan kesejahteraan sosial saat ini begitu kompleks dan perlu penanganan yang khusus serta kerjasama masyarakat sebagai mitra pemerintah untuk menyamakan persepsi dalam penanggulangan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Keberadaan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) selama ini sudah sangat membantu dalam pelaksanaan penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di masyarakat khususnya di tingkat Kelurahan.

Dinas Sosial Provinsi Riau menunjuk Kabupaten Siak sebagai tempat pelaksanaan Bimtek Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) bagi 50 orang PSM yang berasal dari Kab. Siak 25 peserta, Kab. Pelalawan 10 peserta dan Pekanbaru 10 peserta. Bimtek dilaksanakan pada Rabu, 12 September 2018,  di aula Kantor Bupati Siak

Nurmansyah selaku Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dissonakertrans) Siak sangat apresiasi dengan ditunjuknya Siak sebagai tempat pelaksanaan Bimtek. Beliau berharap kegiatan ini akan berlangsung sukses sampai akhir acara dan ilmu yang diperoleh peserta akan dapat diaplikasikan kemasyarakat.

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan Bimtek PSM Kadis Sosial Provinsi Riau H. Dahrius Husin menyambut baik dan mendukung sepenuhnya diselenggarakannya acara bimbingan teknik PSM, dengan harapan dapat meningkatkan kualitas SDM Pekerja Sosial Masyarakat dalam menanggulangi permasalahan kesejahteraan sosial di tengah-tengah masyarakat, meningkatkan pelayanan kesejahteraan sosial masyarakat serta memberikan motivasi, informasi kepada masyarakat yang peduli dengan permasalahan kesejahteraan sosial melalui Pekerja Sosial Masyarakat (PSM). Beliau menyampaikan bahwa kita harus menyadari bahwa setiap masalah sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat tidak lain bersumber dari ketidakmampuan seseorang atau kelompok dalam menjalankan fungsi dan peran sosialnya, oleh sebab itu Pemerintah dalam hal ini Dinas Sosial Provinsi Riau, merasa perlu untuk mengadakan Bimbingan Sosial PSM kepada masyarakat yang peduli pada permasalahan sosial.

Kegiatan ini juga menghadirkan beberapa narasumber yang  memberikan materi tentang PSM agar bisa menjadi mitra yang baik bagi Pemerintah dalam bidang kesejahteraan sosial dan menekankan bahwa seorang PSM haruslah memiliki jiwa pengabdian yang tinggi, karena tugas-tugas seorang PSM memerlukan kerelaan dan keikhlasan pribadi. Diakhir acara diisi dengan sharing berbagi pengalaman dari Vinora Nongsih sebagai 5 besar PSM berprestasi ditingkat Provinsi Riau tahun 2018 dengan menampilkan berbagai profil tentang kegiatan-kegiatan sosial yang telah dilaksanakan dan diterapkan di masyarakat.