close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Tangani Bencana Alam, PMI dan BPBD Riau Sepakat Bersinergi

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-45
Kamis, 17 Okt 2013

PEKANBARU(riaueditor)- Penanganan masalah musibah atau bencana alam, di Provinsi Riau ini sudah terjalin kerjasama antara Palang Merah Indonesia (PMI) serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau. Dua lembaga ini saling siap untuk meningkatkan kesiagaan menghadapi bencana alam di Provinsi Riau ini.

Demikian disampaikan Sekretaris PMI Riau Hendro Ekswarso kepada wartawan saat ditemui diruang kerjanya, Senin (4/2) di Jalan Mekar Sari, Pekanbaru. Katanya, PMI Riau melakukan kerja sama dengan BPBD Riau yang dalam bentuk siaga terhadap bencana yang tengah dihadapi di wilayah Riau.

“Kita dari PMI Riau sudah melakukan diskusi bersama BPBD Riau. Diskusi inipun sehubungan penanganan terhadap bencana. Tentunya terkait program untuk membangun kesiap siagaan mengatasi bencana dengan berbasis masyarakat,” kata Hendaro sembari menegaskan, PMI tentu siap berbuat sesuai tugasnya.

Hendro menyampaikan peran PMI dapat membantu mempersiapkan masyarakat secara sistematis. Sehingga program ini nantinya akan dilaksanakan kerja sama bersama instansi terkait. Sebab sambungnya peran PMI ini, dalam rangka untuk membantu masyarakat secara sistematis. Infrastruktur tugas Satker terkait.

Sementara itu ditempat terpisah, Kepala BPBD Riau Syamsurizal, ditemui Senin (4/2) mengatakan hal yang sama. Katanya, untuk penanganan masalah bencana ini tidak semestinya menjadi tanggungjawab BPBD semata. Karena itu katanya, untuk menangani masalah bencana-bencana ini harus ada singkronisasi koordinasi.

“Benar itu. Masalah penanganan bencana yang terjadi di daerah ini tidak hanya ditumpukan pada BPBD. Tetapi hendaknya ada kepedulian dari sejumlah instansi yang terkait. Sehingga, beban dari musibah ini jika dikerjakan secara bersama dan ada singkronisasi koordinasi. Masalah ini akan dapat diringankan,” katanya.

Seperti halnya, sebut Syamsurizal, baru-baru ini PMI Riau dan BPBD Riau telah bersinergi dalam penanganan siaga bencana. Sehingga dengan terjalinya tingkat kerjasama antara PMI dan BPBD Provinsi Riau ini akan dapat meringankan kerja dilapangan dalam menangani atau meningkatkan kesiagaan menghadapi bencana.

“Sebenarnya itu tidak hanya dengan PMI saja. Mestinya instansi terkait harus melakukan sinergi kerja sama untuk siaga terhadap bencana yang terjadi, akan dihadapi khususnya di wilayah Riau. Karenanya diperlu program untuk membangun kesiap siagaan tangani musibah bencana yang berbasis masyarakat,” katanya.

Program untuk membangun kesiap siagaan bencana berbasis masyarakat ini, kata Syamsurizal tidak hanya antara PMI Riau dengan BPBD Riau, tapi juga harusnya didukung serta instansi terkait lainnya. Sehingga, program ini juga nantinya akan dilaksanakan kerja sama bersama instansi terkait membantu masyarakat.(das)