close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Dinsos Riau Ajak 200 Siswa Pekanbaru Ziarah Wisata Ke TMPN Kusuma Dharma

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-4587
Rabu, 24 Okt 2018

Pekanbaru, Dinsos-MC. Dinas Sosial Provinsi Riau menggelar kegiatan Ziarah Wisata pengenalan Nila-nilai Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial (K3RS) tahun 2018, Selasa (23/10/2018) di Taman Makam Pahlawan Nasional Kusuma Dharma Pekanbaru. Dalam kegiatan ini, Dinsos mengundang 200 siswa/siswi dari 8 Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Pekanbaru dengan masing-masing sekolah mengutus 25 orang siswa/siswi. Kegiatan tersebut diawali dengan upacara untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah meninggal dan dilanjutkan dengan tabur bunga.

Ir. Hardisman, MH selaku Kepala Seksi K3RS sekaligus Ketua Panitia dalam laporannya menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah sebagai upaya agar tersosialisasikannya nilai-nilai Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial (K3RS) di kalangan pelajar SD dan SMP yang ada di Kota Pekanbaru. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mengajak generasi muda/pelajar  utamanya generasi  muda pemula untuk dapat mengenal lebih dekat, mengenang, menghormati dan menghargai jasa para pahlawan melalui pengenalan ziarah wisata  di Taman Makan Pahlawan Nasional (TMPN) Kusuma Dharma Pekanbaru.

Sementara itu Sekretaris Dinas Sosial Suratno, S.Sos, M.Si yang mewakili Kadis Sosial dan juga sebagai Narasumber pada kegiatan tersebut dalam sambutan tertulisnya mengatakan Bangsa yang menghargai jasa para pahlawan akan menjadi bangsa yang besar. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah selalu mengingat betapa besarnya pengorbanan yang telah dipersembahkan untuk Negara tercinta Indonesia sehingga pada saat ini kita dapat menghirup udara kebebasan. Sudah selayaknya jika kita menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan tersebut yang telah tulus ikhlas dan tanpa pamrih menegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

“nilai-nilai Kepahlawanan, Keperintisan, dan Kesetiakawanan Sosial yang telah diwariskan seperti sifat rela berkorban, pantang menyerah, bekerja keras, suka menolong dan lain-lainnya, hendaknya selalu ditumbuhkembangkan khususnya di kalangan generasi muda sedini mungkin. Apalagi di era globalisasi seperti saat ini yang sarat dengan berbagai pengaruh, dan jika tidak hati-hati menyikapinya maka dikhawatirkan banyak generasi muda terjerumus kearah sikap dan tindakan negatife” jelas Suratno. 

Salah satu upaya yang dilakukan mengenalkan Nilai-nilai Kepahlawanan, Keperintisan, dan Kesetiakawanan Sosial adalah dengan menyelenggarakan ziarah wisata ke TMPN/MPN, yaitu tempat para Pahlawan/Pejuang dimakamkan.