close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Tingkatkan Ekonomi Kreatif Bagi Perempuan, Pemprov Riau Taja Bimbingan Manejemen Usaha Di Kabupaten Indragiri Hilir

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-4959
Minggu, 07 Apr 2019

DPPPA.RIAU.GO.ID,  PEKANBARU – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi Riau mengadakan kegiatan Bimbingan Manajemen Usaha Bagi Perempuan Dalam Mengelola Usaha Melalui Pelatihan Ekonomi Kreatif di Elite Hotel Tembilahan, Selasa (26/3/2019). Hadir pada kesempatan tersebut Ketua DPRD Provinsi Riau Hj Septina Primawati Rusli, Kepala Dinas PPPA Provinsi Riau yang diwakili Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan, Devi Rusanti, Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Indragiri Hilir, serta para Pejabat dilingkungan Dinas PPKBP3A Kabupaten Indragiri Hilir.

Pengembangan industri rumahan dan pemberdayaan perempuan merupakan satu dari program pembangunan yang dapat menjawab secara kongkrit masalah pengangguran dan kemiskinan. Pada hakekatnya sasaran program pemberdayaan perempuan diarahkan untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada pada perempuan yang memungkinkan dirinya dapat memanfaatkan hak dan kesempatan yang sama dengan laki-laki terhadap sumber daya pembangunan.

Dinas PPPA Provinsi Riau merasa berkepentingan terhadap masalah ini karena sebagian besar pelaku usaha mikro/industri rumahan adalah kaum perempuan. “Mereka harus ditingkatkan kemampuannya dalam mengelola usaha agar nilai tambah dari pekerjaannya meningkat dan memberikan peluang agar dirinya dan kualitas hidup keluarganya menjadi lebih baik”, ungkap Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan Dinas PPPA Provinsi Riau, Devi Rusanti dalam laporannya.

Bimbingan Manajemen Usaha Bagi Perempuan pelaku industri rumahan adalah salah satu usaha Pemerintah Provinsi Riau dalam meningkatkan kompetensi perempuan dalam menjalankan usahanya agar perempuan menjadi lebih berdaya secara ekonomi. “Hal ini sejalan dengan program unggulan Kementerian PPPA RI saat ini yang secara terus menerus digaungkan keseluruh indonesia yaitu Program Three Ends Plus (Tiga Akhiri) yaitu Akhiri Perdagangan Manusa, Akhiri Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak, Akhiri Kesenjangan Ekonomi Perempuan dan Meningkatkan Pendidikan Politik Perempuan” tutup Devi Rusanti.

Kegiatan yang diikuti 100 peserta dan Narasumber/Instruktur berasal dari Dinas PPKBP3A Kabupaten Indragiri Hilir, Dinas Perindustrian Kabupaten Indragiri Hilir dan Lembaga Lingkar Madani Maharatu (LIMRA) ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas PPKBP3A Kabupaten Indragiri Hilir, H Ridwan.

Dalam sambutan pembukaannya Sekretaris Dinas PPKBP3A Kabupaten Indragiri Hilir mengapresiasi komitmen Pemerintah Provinsi Riau dalam peningkatan usaha ekonomi keluarga khususnya bagi kaum perempuan karena tantangan dimasa depan yang semakin kompleks. “Permasalahan yang dihadapi oleh perempuan pelaku industri rumahan diantaranya akses modal yang terbatas, kurang menariknya bentuk kemasan yang diakibatkan dari kurangnya pendampingan sehingga pemasaran hasil produk tidak maksimal”, ujarnya.

Selain itu H Ridwan juga menjelaskan disamping bertujuan untuk menguatkan dan meningkatkan semangat jiwa wirausaha kaum perempuan, kegiatan ini juga untuk meningkatkan sumbangan pendapatan perempuan sebagai salah satu indikator dalam meningkatkan Indek Pemberdayaan Gender (IDG).

Image title

Image title


Penulis : Fitria Yulisunarti, S.Sos

Editor   : RQ