close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Kukuhkan Pengurus Forum Anak Riau, Gubernur Titip Pesan Pencegahan Narkoba

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-4998
Senin, 29 Apr 2019

DPPPA.RIAU.GO.ID,  PEKANBARU – Bertempat di Hotel Grand Zuri Pekanbaru, Sabtu (27/04/2019), Gubernur Riau H Syamsuar, berkesempatan hadir membuka secara resmi Pertemuan Forum Anak se-Provinsi Tahun 2019 yang ditaja oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Riau.

Kegiatan yang diikuti 84 orang Pengurus Forum Anak Tingkat Kabupaten/Kota dan Kecamatan, Pembina serta Fasiliator Daerah tersebut mengusung tema “Melalui Forum Anak Kita Tingkatkan Peran Anak Riau Sebagai Pelopor dan Pelapor Dalam Perencanaan Pembangunan Daerah”.

“Kegiatan ini kami maksudkan untuk meningkatkan pemahaman serta kapasitas anak tentang peran dan fungsinya sebagai Pelopor dan Pelapor dalam mendukung program pembangunan di bidang Pemenuhan Hak dan Perlindungan Khusus Anak di Provinsi Riau,” ungkap Kepala Dinas PPPA Provinsi Riau, Tengku Hidayati Effiza dalam laporannya.

Agenda utama kegiatan Pertemuan Forum Anak Riau tahun ini adalah Penyusunan Naskah Suara Anak Riau, Pemilihan Duta Anak Riau dan Pemilihan Pengurus Forum Anak Riau Masa Bakti 2019-2021.

Ketua Forum Anak Riau 2017-2019, Ilham Hamadi yang merupakan putera asli dari Kabupaten Pelalawan dalam sekapur sirihnya menyampaikan banyak prestasi yang telah diukir anak-anak Riau dikancah nasional mulai dari Provinsi, Kabupaten Kota hingga Kecamatan. Beberapa prestasi tersebut diantaranya adalah Forum Anak Tingkat Provinsi Terbaik kedua nasional pada tahun 2016, Tingkat Utama dan  Terbaik Bidang Lingkungan pada Tahun 2017. “Untuk itu kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ayah Syamsuar beserta pembina di Dinas PPPA Provinsi yang telah mensuport dan membimbing kami selama 2 tahun terakhir ini, semoga kedepannya dukungan ini dapat lebih meningkat agar program kerja Forum Anak dapat optimal”, ujar Ilham saat wawancara ekslusif bersama Tim Media Center DPPPA Provinsi Riau.

Beberapa catatan penting bagi Pemerintah Provinsi selaku pembina terkait pengembangan Forum Anak kedepannya juga diuraikan Ilham secara gamblang. Diantaranya seperti fasilitasi keterlibatan anak dalam forum perencanaan pembangunan mulai dari tingkat desa/kelurahan, penyediaan ruang terbuka hijau yang terintegrasi konsep ramah anak ditiap kecamatan, pelarangan iklan rokok di sekitar area lembaga pendidikan dan fasilitasi publik yang mudah diakses anak, serta pembinaan yang intens dari Fasilitator Provinsi ke Kabupaten/Kota.

Gubernur Riau, H Syamsuar yang berkesempatan hadir membuka sekaligus mengukuhkan Pengurus Forum Anak Riau Masa Bakti 2019-2021 mengapresiasi atas raihan prestasi yang telah dicapai anak-anak bumi Lancang Kuning. Selain itu dalam sambutannya Gubernur Riau juga mengajak seluruh anak di Provinsi Riau menjadi agent of change atau pionir perubahan yang positif. “Selain sebagai amanah Undang-undang, hal ini kami upayakan agar anak dapat memberikan input terhadap kebijakan pemerintah agar berdampak langsung pada upaya pemenuhan hak dan perlindungan anak. Sebab keberadaan Forum ini akan lebih mudah menghimpun pandangan serta pendapat anak karena komunikasi yang dibangun melalui konsep teman sebaya”, ungkapnya.

Beberapa permasalah serius yang perlu mendapat perhatian bersama berdasarkan fenomena yang terjadi dilingkungan masyarakat Riau saat ini diantaranya isu anak usia sekolah yang sudah kecanduan rokok, perkawinan usia anak, LGBT, serta penyalahgunaan Internet dan Narkoba. Isu penyalahgunaan narkoba ini telah menjadi isu nasional, dan bahkan pemerintah telah menetapkan kawasan Indonesia sebagai Darurat Narkoba. Hal ini menurut Gubernur menjadi penting mengingat Riau saat ini berdasarkan data BNN merupakan daerah kelima darurat narkoba.

“Riau memiliki banyak pintu masuk narkoba dari luar negeri. Kalau ada kawan-kawan ananda yang terlibat narkoba langsung laporkan kepadaguru atau aparat penegak hukum, agar bisa dilakukan penindakan dan pencegahan lebih dini”, ungkap Syamsuar.

Terkait pelibatan unsur anak dalam perencanaan pembangunan didaerah,Gubernur mengakui Pemerintah Provinsi Riau telah memfasilitasinya melalui perumusan RPJMD dari awal, dimana Forum Anak Riau tidak hanya sebagai undangan biasa saja, bahkan sangat terlibat aktif dalam setiap forum diskusi.

Image title

Image title

Image title

Image title


Sumber: PR Bidang Perlindungan dan Tumbuh Kembang Anak

Editor: RQ