close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Peningkatan Kesejahteraan Dan Pembinaan Ketahanan Keluarga Tahun 2019

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5023
Jum'at, 17 Mei 2019

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlidungan Anak (DPPPA) Provinsi Riau, mengadakan Sosialisasi tentang  Peningkatan Kesejahteraan dan Pembinaan Ketahanan Keluarga di Hotel Furaya  pada tanggal 28 s/d 30 April acara di buka oleh Kepala Dinas PPPA Hj. T.Hidayati Effiza,MM. Dalam sambutannya Kepala Dinas menyampaikan bahwa konsep Ketahanan keluarga sudah tertuang dalam UU No. 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan Dan Keluarga, dan Peraturan Menteri PPPA RI No 06 Tahun 2013 tentang Pelaksanaan Pembangunan Keluarga,  sehingga Pemprov Riau wajib menyelenggarakan konsep ketahanan Keluarga dengan terbitnya Pergub No 62 Tahun 2017 tentang Kesejahteraan Dan Ketahanan Keluarga. Ketahanan keluarga yang ingin dicapai pada kondisi saat ini dimana keluarga mempunyai kemampuan untuk menghadapi perubahan-perubahan, masalah dan tantangan berdasarkan sumber daya yang dimiliki untuk memenuhi kebutuhan keluarganya, sehingga keluarga dapat berjalan terus mencapai kesejahteraannya agar tercipta bangsa yang kuat, tangguh dan khususnya terlepas dari permasalahan kesehatan, pendidikan, sosial budaya, ekonomi dan kemiskinan. Dengan demikian Ketahanan Keluarga merupakan konsep yang multi dimensi yang didasarkan  5 dimensi Ketahanan Keluarga, yaitu Landasan Legalitas dan keutuhan keluarga, Ketahanan Fisik, Ketahanan Ekonomi,Ketahanan Sosial Psikologi dan Ketahanan Sosial Budaya.

Tujuan dari kegiatan ini untuk Meningkatkan kerjasama dan koordinasi antar lembaga pemerintah dan lembaga masyarakat dalam pembinaan Ketahanan Keluarga serta meningkatkan kualitas keluarga dalam mewujudkan kesetaraan Gender (KG) dalam keluarga dan masyarakat. Peserta Kegiatan berjumlah 30 Orang terdiri dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi dan Kabupaten/ Kota, Dinas Dukcapildalduk KB Provinsi Riau, TP PKK dan BKOW Provinsi Riau.

Sebagai Pembicara pada kegiatan ini dari Kementerian PP dan PA RI, Dinas Dukcapildalduk KB Provinsi Riau, Pusat Studi Gender dan Anak Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Riau dan Dekan Fakultas Psikologi Universitas Islam Riau.

Image title


Image title


Penulis Ira Novianty,SKM,